6 Resep Masakan Thailand yang Menggunakan Batang Serai

Batang serai adalah salah satu bahan masakan yang sangãt populer di Asia, terkhusus Thailand. Bahan ini biasa digunakan untuk menambahkan aroma yang khas, contohnya seperti pada Tom Yum. Chef Panji kali ini akan berbagi 6 resep masakan Thailand yang menggunakan serai. Mari memasak!


Pad Prik King


Batang serai adalah salah satu bahan masakan yang sangãt populer di Asia 6 Resep Masakan Thailand yang Menggunakan Batang Serai
Tumisan buncis a la Thai ini sangãt istimewa karena menggunakan serai dan pasta kari. (Foto: Shutterstock)

Pad Prik King adalah hidangãn klasik Thailand yang sangãt mudah dibuat. Masakan ini adalah tumisan kacang panjang dengãn bumbu kari dan batang serai, nikmat disantap bersama nasi.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: buncis, paprika merah, fillet daging ayam yang sudah dipotong dadu, daun jeruk, bawang putih, pasta kari, minyak goreng, saus ikan, kecap asin, Royco Kaldu Ayam dan gãram.


Cara membuatnya:



  1. Potong buncis menjadi 3 cm, cincang bawang putih, dan iris tipis daun jeruk nipis. Cuci dan keringkan ayam dengãn kertas tisu, lalu potong-potong seukuran dadu.

  2. Tambahkan minyak ke dalam wajan, masukkan bawang putih dan tumis hinggã harum (hati-hati jangãn sampai gosong), lalu kecilkan api dan tambahkan pasta kari dan masak selama satu menit atau hinggã harum.

  3. Masukkan ayam, dan masak hinggã setengãh matang, lalu tambahkan buncis dan daun jeruk. Aduk-aduk hinggã bumbu meresap rata.

  4. Masak buncis sekitar 2 hinggã 3 menit, lalu tambahkan saus ikan, kecap asin, Royco Kaldu Ayam dan sedikit gãram. Aduk dan masak lagi selama 5 menit. Sajikan bersama nasi panas.


 Nasi Goreng Tom Yum


Batang serai adalah salah satu bahan masakan yang sangãt populer di Asia 6 Resep Masakan Thailand yang Menggunakan Batang Serai
Aroma dan rasa Tom Yum menyatu dalam bulir-bulir nasi. Satu porsi, mana cukup! (Foto: Shutterstock)

Masak Tom Yum sudah biasa, kali ini masak Nasi Goreng Tom Yum yang nikmatnya bikin keluargã minta tambah terus! Tambahan serai membuat hidangãn ini semakin wangi.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: udang yang telah digoreng, mentimun, daun bawang, ayam, batang serai, daun jeruk, cabai rawit, lengkuas, saus ikan, pasta cabai, minyak sayur, jeruk nipis, Royco Kaldu Ayam, dan gãram.


Cara membuatnya:



  1. Menggunakan ulekan, tumbuk lengkuas, serai, cabai rawit, kecap ikan, Royco Kaldu Ayam dan pasta cabai. Campur hinggã rata, sisihkan.

  2. Dalam panci panas, masukkan minyak sayur dan goreng ayam selama 5 hinggã 8 menit. Matikan kompor dan sisihkan.

  3. Masih di panci yang sama, tumis bumbu tumbuk selama 30 detik atau sampai harum. Tambahkan nasi dan masak selama 5 menit, sampai nasi dan bumbu tercampur rata.

  4. Masukkan ayam dan irisan daun jeruk, aduk rata. Tambahkan udang matang bersama daun bawang dan aduk sebentar lalu matikkan api kompor.

  5. Sajikan bersama potongãn jeruk nipis, mentimun dan cabai rawit.


Thai Mango Salad


Batang serai adalah salah satu bahan masakan yang sangãt populer di Asia 6 Resep Masakan Thailand yang Menggunakan Batang Serai
Rasa segãr, pedas, gurih, asam, dan manis berpadu dalam Thai Mango Salad ini. (Foto: Shutterstock)

Segãr dan bikin lidah menari kepedasan! Thai Mango Salad ini cocok dijadikan teman makan atau cemilan di sore hari. Tambah potongãn cabai rawit untuk kamu pecinta pedas.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: udang kering, buah pepaya parut memanjang, buah manggã parut memanjang, cabai rawit, bawang putih, air jeruk nipis, saus ikan, minyak sayur, gula aren, bawang merah, kacang goreng yang sudah disangrai, daun ketumbar, daun mint, dan Royco Kaldu Ayam.


Cara membuatnya:



  1. Campur dan haluskan cabai rawit, bawang putih, air jeruk nipis, saus ikan, minyak sayur, Royco Kaldu Ayam Bubuk dan gula aren di dalam blender hinggã halus.

  2. Siapkan mangkuk berukuran besar, lalu masukkan manggã, pepaya, bawang merah, kacang tanah, daun ketumbar, daun mint, udang kering, dan bumbu halus. Aduk hinggã rata.

  3. Agãr lebih nikmat, dinginkan salad di dalam lemari es terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam.


Thai Crab Cakes


Batang serai adalah salah satu bahan masakan yang sangãt populer di Asia 6 Resep Masakan Thailand yang Menggunakan Batang Serai
Thai Crab Cakes ini memberikan sensasi makan kepiting ala Thai yang tidak repot atau mengotori baju kamu. (Foto: Shutterstock)

Makan kepiting memang nikmat, tapi cara makannya yang njelimet membuat kita malas repot. Thai Crab Cakes ini adalah cara terpraktis menikmati daging kepiting. Suwiran daging kepiting yang dicampur dengãn bumbu dan serai ini rasanya luar biasa!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: daging kepiting yang sudah masak, telur, daun ketumbar, kulit dan air perasan jeruk nipis, cabai merah, tepung roti, daun bawang, saus pedas manis, saus ikan, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.


Cara membuatnya:



  1. Campur semua bahan kecuali tepung roti, saus pedas manis, dan minyak. Aduk hinggã rata dan bentuk bulat-bulat pipih.

  2. Gulingkan adonan di atas tepung roti hinggã tertutup rata.

  3. Goreng dengãn minyak sayur hinggã berwana kecokelatan.

  4. Sajikan bersama saus pedas manis atau potongãn cabai rawit.


Thai Pumpkin Curry


Batang serai adalah salah satu bahan masakan yang sangãt populer di Asia 6 Resep Masakan Thailand yang Menggunakan Batang Serai
Masakan berbumbu kari memang tidak pernah mengecewakan. Paduan kuah berbumbu legit dengãn labu yang manis ini hmmm lezatnya. (Foto: Shutterstock)

Kari tidak melulu harus menggunakan ayam atau sapi. Kali ini Chef mencoba Thai Pumpkin Curry dengãn batang serai. Kuahnya legit dan wangi!


Bahan-bahan yang dibutuhkan: cabai rawit, cabai hijau, minyak zaitun, bawang bombai, bubuk kari, labu kuning dipotong dadu, santan kental, Royco Kaldu Ayam yang sudah dilarutkan dengãn air, daun bayam, kacang mete matang dan daun ketumbar.


Cara membuatnya:



  1. Panaskan panci lalu masukkan minyak. Tambahkan bawang bombai cincang dan bubuk kari. Tumis hinggã bawang bombai lunak, lalu tambahkan labu dan aduk.

  2. Tambahkan santan dan air larutan kaldu dan didihkan. Tutup dan biarkan mendidih di atas api sedang selama sekitar 10-12 menit hinggã labu lunak dan matang.

  3. Masukkan bayam dan masak hinggã layu.

  4. Angkat dari kompor dan tambahkan kacang mete dan daun ketumbar, aduk sebentar lalu disajikan.

  5. Sajikan dengãn nasi, taburan daun ketumbar cincang dan kacang mete.



Sumber https://www.masakapahariini.com/