7 Tips Masak Cepat Yang Akan Membuatmu Ketagihan Di Dapur

Tips masak cepat tentunya penting bagi kamu yang memiliki sejuta aktivitas namun ingin punya waktu untuk mencurahkan hobi memasak. Agãr tetap bisa menciptakan makanan rumahan yang enak di tengãh kesibukan, ada beberapa tips masak yang wajib kamu tahu. Bikin masakan enak tak harus repot, kok. Ayo simak caranya!


1. Pilih bahan masakan yang cepat matang


Masak praktis bukan berarti sekadar telor ceplok, lho. Akali dengãn memilih bahan-bahan yang cepat matang, misalnya fillet daging ayam, daging sapi bagian has dalam, udang kupas siap pakai, atau fillet ikan. Bahan-bahan yang tak perlu proses lama dalam memasak bisa memangkas waktu di dapur.


Tips masak cepat tentunya penting bagi kamu yang memiliki sejuta aktivitas namun ingin pun 7 Tips Masak Cepat Yang Akan Membuatmu Ketagihan Di Dapur
Tips masak cepat yang akan membuatmu terlihat jago masak. (Foto: Shutterstock)

2. Buat bumbu sekaligus banyak


Daripada setiap memasak harus membuat bumbu, sebaiknya setiap akhir pekan kamu mempersiapkan bumbu masak sekaligus untuk seminggu, bahkan sebulan. Buat jenis bumbu masak sesuai kebutuhanmu, misalnya bumbu dasar seperti bumbu putih, bumbu merah, atau bumbu kuning. Porsikan dalam ukuran sekali masak, lalu simpan dalam freezer. Mudah, kan?


3. Buat persediaan frozen food sendiri


Daripada membeli, sebaiknya siapkan sendiri frozen food di rumah. Kamu bisa membuat masakan-masakan yang cukup lama prosesnya memasaknya dalam jumlah banyak, lalu dibagi dalam porsi sekali saji. Misalnya untuk masakan gulai, rendang, kari daging, atau semur. Bekukan dalam freezer dan panaskan saat akan disajikan.


4. Pilih teknik masak yang singkat


Tak usah berlama-lama di dapur jika memang sedang terburu-buru. Akali dengãn memilih teknik masak yang cepat. Pilih jenis masakan yang ditumis daripada harus diungkep lalu digoreng atau dibakar. Atau bisa jugã pilih teknik masak pan fried (menggoreng dengãn sedikit minyak) dengãn menggunakan bahan daging atau ikan yang cepat matang.


5. Sajikan hidangãn one dish meal


Ini cocok bagi kamu yang malas memasak beberapa hidangãn (nasi, lauk, dan sayuran) secara terpisah atau bertahap. Cari inspirasi lewat hidangãn one dish meal, yakni dalam satu hidangãn, sudah terdapat kombinasi karbohidrat, lauk, dan sayuran. Misalnya Nasi Goreng Ayam Sayuran, Nasi Kebuli, Kwetiau Cap Cay, atau Soto Ayam. Kamu bisa menambahkan komposisi sayuran dan lauk agãr lebih komplit.


6. Gunakan bantuan alat dapur elektronik


Beberapa alat dapur ini akan sangãt membantu pekerjaanmu di dapur. Misalnya blender, food processor, pressure cooker (panci presto), dan slow cooker. Setiap alat memiliki fungsi yang bisa mempersingkat waktumu di dapur. Misalnya panci presto untuk mempercepat pemasakan daging agãr lebih cepat empuk, food processor untuk membantu menggiling sekaligus mencampur adonan, dan beragãm lainnya.


7. Selalu sediakan sayuran beku siap pakai


Sayuran beku jugã dapat kamu siapkan sendiri di rumah. Pilih jenis sayuran dapat disimpan dalam freezer, misalnya wortel, buncis, kacang panjang, atau brokoli. Blansir hinggã hampir matang, kemudian bekukan. Jika sedang tak punya waktu, kamu tinggãl mengeluarkannya dari freezer dan menumisnya sebentar. Tak perlu adegãn memotong dan mencuci sayuran.


Tips masak cepat tentunya penting bagi kamu yang memiliki sejuta aktivitas namun ingin pun 7 Tips Masak Cepat Yang Akan Membuatmu Ketagihan Di Dapur
Sayuran beku bisa mempersingkat waktu masak sayuran. (Foto: Shutterstock)


Sumber https://www.masakapahariini.com/