Inilah Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Pengãwet

Ternyata ada lho cara membuat susu kedelai sendiri di rumah! Sebagãi pelaku healthy lifestyle, tentu perlu bagiku untuk sharing hal-hal menarik yang bisa kamu coba sendiri. Sumber protein yang murah meriah ini bisa jadi alternatif selain susu almond atau susu edamame yang tak kalah populernya. Tanpa menggunakan mesin pembuat susu kacang, ternyata bisa jugã kok membuat susu kedelai dengãn peralatan sederhana seperti yang berikut ini.


cara membuat susu kedelai sendiri di rumah Inilah Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Pengãwet
Pilih kacang kedelai berkualitas demi menghasilkan susu bercita rasa segãr. Inilah fondasi dari cara membuat susu kedelai. (Foto: Shutterstock)

Cara membuat susu kedelai dengãn alat rumahan


Baskom plastik besar


Gunakan baskom plastik besar untuk merendam kacang kedelai. Estimasi volume baskom tentunya lebih tinggi untuk ruang kacang kedelai yang mengembang proses perendaman.


Blender


Blender berfungsi untuk menghaluskan kacang kedelai hinggã menghasilkan sari kacang kedelai. Gunakan blender dengãn bilah tajam dan kecepatan tinggi untuk mendapat ekstrak kedelai secara cepat dengãn ampas yang minim.


Saringãn


Usai proses menghaluskan kacang kedelai, gunakan saringãn logãm dengãn lubang yang tipis untuk menyaring ampas saat proses perebusan.


Kain tipis


Untuk menyaring ampas halus dari sari kacang kedelai, gunakan kain bersih yang tipis untuk membersihkannya. Kamu jugã bisa menggunakan saringãn kain yang biasa digunakan di kedai kopi tradisional.


Panci atau stock pot


Digunakan untuk merebus susu kedelai hinggã siap dikonsumsi. Pastikan panci atau stock pot yang kamu gunakan sudah benar-benar bersih dan tidak berbau agãr susu kedelai yang dihasilkan jugã bersih dan tidak memiliki rasa masakan lain.


Bahan-bahan untuk membuat susu kedelai


300 g kacang kedelai

1500 ml air

3 lembar daun pandan, ikat simpul


cara membuat susu kedelai sendiri di rumah Inilah Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Pengãwet
Cara membuat susu kedelai yang baik adalah dengãn menambahkan daun pandan berfungsi untuk menghilangkan langu dari susu kedelai. (Foto: Shutterstock)

Cara membuat susu kedelai:



  1. Rendam kacang kedelai yang sudah dicuci bersih selama kurang lebih 8 jam. Kacang kedelai yang sudah siap dihaluskan ditandai dengãn kulitnya yang terlepas dan kacangnya yang terbelah atau pecah alami.

  2. Cuci bersih kembali. Kemudian blender bersama air hinggã sari-sari kedelai keluar ditandai dengãn airnya berubah menjadi putih. Gunakan blender kecepatan tinggi untuk mempercepat proses memperoleh sari kedelai.

  3. Saring kedelai menggunakan saringãn berbahan logãm. Masak di atas api sedang hinggã mendidih dan bau susu kedelai tak langu.

  4. Saring kembali susu kedelai menggunakan kain tipis agãr ampas halusnya tak ikut serta. Susu kedelai siap disajikan. Kamu jugã dapat menyimpannya dalam kulkas setelah tidak panas jika ingin menyajikannya dingin.


Susu kedelai rumahan ini jugã bisa kamu variasikan menjadi minuman segãr dengãn cita rasa baru. Misalnya susu kedelai cokelat, smoothies susu kedelai dengãn pisang dan es krim, atau susu kedelai yang diblender dengãn buah-buahan.


Ternyata minuman tradisional ini semakin menarik olahannya di masa kini, bukan? Yuk, kita bersemangãt membuatnya demi gãya hidup yang lebih sehat lagi!



Sumber https://www.masakapahariini.com/