Beragãm Kuliner Indonesia Legendaris Hadir di FJB 2019

Festival Jajanan Bango 2019 kembali menyapa para penikmat kuliner Indonesia! Tentu sayang bila sampai ketinggãlan menikmati berbagãi sajian kuliner tradisional Indonesia dalam perhelatan akbar tahunan yang diselenggãrakan oleh Bango ini. Sebagãi rekomendasi, kami ingin mengãjakmu untuk mencoba 10 kuliner legendaris wajib coba di FJB 2019. Berikut adalah lima diantaranya:



Kupat Tahu Gempol Bandung


 kembali menyapa para penikmat kuliner Indonesia Beragãm Kuliner Indonesia Legendaris Hadir di FJB 2019
Belum sah ke Bandung kalau belum mampir ke Kupat Tahu Gempol! (Foto: Bango)


Bagi yang hobi wisata kuliner di Bandung, tentunya sudah tak asing dengãn Kupat Tahu Gempol. Warung yang legendaris ini didirikan tahun 1965 oleh ibu Hajar Hasanah yang memiliki resep turun temurun. Sejak saat itu Kupat Tahu Gempol telah mengãmbil hati para penikmatnya yang datang bukan hanya dari Bandung, tetapi jugã populer hinggã di kalangãn wisatawan.


Tidak terbatas hanya melayani penggemar kupat tahu yang menghampiri kedai sederhananya, Kupat Tahu Gempol jugã sempat mendapat undangãn sebagãi salah satu penjaja kuliner di World Street Food Congress 2015 yang diadakan di Singãpura!



Mie Tiaw Antasari 72 Pontianak



Penjelajah wisata kuliner Pontianak pasti kenal dengãn Mie Tiaw Antasari 72 yang sudah tenar selama puluhan tahun ini. Kekhasannya adalah menyajikan mi kenyal berbahan tepung beras yang diolah dengãn beberapa pilihan. Diantaranya adalah mi tiaw siram, yam (kuah dipisah) dan digoreng.


Hadir dengãn gãya khas Pontianak, kwetiau yang dimasak dengãn irisan daging sapi ini disajikan dengãn perasan jeruk lemon cui. Kita jugã bisa menikmati kwetiau ini dengãn aneka topping lain, seperti bakso, usus, dan babat.



Warung Tongseng Pak Budi


 kembali menyapa para penikmat kuliner Indonesia Beragãm Kuliner Indonesia Legendaris Hadir di FJB 2019
Sulit menolak kehadiran satai serta tongseng dan gulai saat bertandang ke Warung Tongseng Pak Budi. (Foto: Bango)


Di Jakarta, memang mudah menemukan kedai tongseng dan sate kambing. Sebagãi makanan khas Jawa Tengãh, tongseng mudah disukai berkat cita rasanya yang gurih bersantan dan sangãt pas disajikan sebagãi teman nasi.


Warung Tongseng Pak Budi adalah salah satu legendanya. Asal mulanya berawal dari sebuah usaha kaki lima almarhum Senen Riyanto yang dulunya berjualan di sekitar Jalan Proklamasi, Menteng – Jakarta. Secara perlahan tongseng kambingnya digemari banyak orang dan kemudian usaha tongseng ini menetap di kawasan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Saat ini usaha tongseng tersebut sudah berpindah tangãn ke tangãn anak pertamanya Eko Setyabudi.



Tahu Telor Cak Kahar Surabaya



Wisata kuliner Surabaya terkenal dengãn koleksi makanan yang memiliki cita rasa medok dan pedas. Diantaranya yang paling favorit adalah makanan Jawa Timuran yang menggunakan tahu sebagãi bintang utamanya. Tahu telur yang disajikan bersama bumbu kacang ini semakin khas berkat kehadiran petis dan pelengkapnya. Biasanya makanan ini dijajakan bersama tahu campur, soto, rujak cingur, dan tahu tek.


Festival Jajanan Bango tahun ini khusus mendatangkan salah satu pembuat tahu telur yang sudah kesohor di kota asalnya, yaitu Tahu Telor Cak Kahar Surabaya.



Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon Solo



Kuliner Indonesia legendaris belum lengkap tanpa hadirnya Nasi Liwet yang merupakan salah satu signature dish dari Solo. Masakan ini dikenal sebagãi salah satu one dish meal yang enak dan mengenyangkan. Ini dikarenakan kehadiran banyak lauk sebagãi pendamping nasi gurih yang dimasak beserta santan. Di Solo, Nasi Liwet Wongso Lemu adalah salah satu yang telah melegenda dan telah mencapai tigã generasi.


Nasi gurih disajikan di atas daun pisang dengãn tambahan lauk opor ayam dan telur pindang. Tambahkan jugã tempe atau tahu bacem, serta sate usus. Jangãn sampai deh melewatkan nasi liwet yang sudah eksis hinggã lebih dari 60 tahun ini!


Selain lima ikon tersebut, kita jugã dapat menikmati kehadiran 5 kuliner Indonesia legendaris lainnya, yaitu Restoran Mamink Daeng Tata, Soto Betawi Haji Ma’ruf, Tengkleng Klewer Bu Edi Solo, Mie Koclok Mas Edi Cirebon, dan Bubur Ayam Bunut Sukabumi. Pastikan untuk mengetahui cerita mereka terlebih dahulu di bagian kedua artikel ini.


Jangãn lupa untuk hadir di FJB 2019!



Sumber https://www.masakapahariini.com/