Bugãr Saat Tarawih Dengãn 7 Kiat Sehat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari hanya dengãn berpuasa di bulan Ramadhan. Selain lebih segãr karena badan bisa beristirahat dari asupan makanan yang berlebih, ternyata berpuasa bisa menata keseharian kita. Rupanya, ada kiat-kiat agãr Tarawih kamu selama Ramadhan tetap dapat dilakukan dalam keadaan segãr bugãr!


Seperti bulan puasa pada umumnya, biasanya shalat Tarawih menjadi penutup dari rangkaian cerita harian di bulan Ramadhan setelah seharian bekerja. Meski besar faedahnya, Tarawih masih seringkali dilalaikan karena alasan capek ataupun acara buka puasa yang kurang tepat. Yuk disimak kiat-kiatnya.


Tetap jagã rutinitas sahur


Ada banyak hal yang bisa kita pelajari hanya dengãn berpuasa di bulan Ramadhan Bugãr Saat Tarawih Dengãn 7 Kiat Sehat Berpuasa di Bulan Ramadhan
Ingin segãr selama berpuasa? Selalu sempatkan untuk sahur. (Foto: Shutterstock)

Berhasil beradaptasi dengãn dinamika bulan puasa memang membuat badan lebih tahan lapar dan haus, namun bukan berarti sahur boleh dilewatkan begitu saja. Yuk, lawan rasa kantukmu dengãn bersantap makanan yang bernutrisi dan akrab di lidah. Cukup luang sedikit waktu untuk mempersiapkan hidangãn sahur sebelum tidur, dan kamu pun dijamin lebih semangãt untuk menyambut sahur. Salah satu resep yang bisa kamu coba misalnya Bubur Ayam Bulgogi atau Cap-cay Schotel.


Penuhi hari dengãn beragãm aktivitas


Sayang rasanya kalau puasa diisi hanya dengãn bersantai-santai seharian. Dengãn beraktivitas maka kita akan menjagã tubuh tetap sehat dan memenuhi kebutuhan untuk bergerak. Maksudku jugã bukan dengãn berolahragã berat seperti berenang atau lari 10 km dari Blok M hinggã Monas, ya! Bisa-bisa kamu malah tepar! Solusinya adalah dengãn melakukan latihan ringãn seperti jogging atau berjalan-jalan kecil di sekitar rumah.


Buat kamu yang seharian di rumah, tidak ada salahnya menyibukkan diri — misalnya dengãn membuat adonan mentah atau memetik sayuran di dapur. Bahan-bahan ini nantinya tinggãl kamu masak saat menjelang jam buka puasa.


Sempatkan tidur siang sejenak


Ada banyak hal yang bisa kita pelajari hanya dengãn berpuasa di bulan Ramadhan Bugãr Saat Tarawih Dengãn 7 Kiat Sehat Berpuasa di Bulan Ramadhan
Bingung mau ngãpain saat jam makan siang di bulan puasa? Tidur siang sejenak ternyata menyehatkan! (Foto: Shutterstock)

Pernahkah kamu bingung karena selama bulan puasa waktu istirahat tidak dipakai makan siang? Daripada ngegosip dengãn teman sekantor ataupun berkali-kali melirik HP buat melihat ada pesan baru atau nggãk, aku sih lebih memilih buat memakai waktu senggãng untuk tidur siang singkat selama sekitar 15-20 menit. Meski tidak begitu lelap, tidur siang akan membantu menyegãrkan tubuh serta meringãnkan beban otak yang lelah bekerja tanpa asupan energi sejak pagi.


Belanja takjil secukupnya


Sore hari menjadi waktu yang sangãt penting saat berpuasa. Bahkan, pengeluaran kita untuk makanan di bulan puasa cenderung naik karena begitu royalnya kita dalam membeli makanan setelah buka puasa. Siapa sih yang tidak tertarik memborong takjil yang berwarna-warni atau tidak tergoda dengãn semerbak wanginya berbagãi macam makanan yang dijual menjelang maghrib? Saat segenap orgãn bermain “orkestra” di perut minta diisi bakwan sayur atau kolak pisang yang tersaji di pinggir jalan, aku pun harus menguatkan hati untuk tidak kalap untuk belanja takjil. Pasalnya, terlalu banyak makan saat berbuka puasa hanya akan membuat perutku terasa begãh dan bisa-bisa aku malah jadi ngãntuk saat pengãjian.


Tunda makan besar hinggã setelah Tarawih


Setelah perut seharian kosong, sebaiknya isi dulu dengãn makanan yang ringãn sehinggã tubuh akan kembali segãr dan kita pun siap Tarawih dengãn maksimal. Setelahnya, baru deh kita hadiahi tubuh dengãn makanan enak dalam porsi lebih besar.


Pilih makanan bernutrisi untuk buka puasa


Ada banyak hal yang bisa kita pelajari hanya dengãn berpuasa di bulan Ramadhan Bugãr Saat Tarawih Dengãn 7 Kiat Sehat Berpuasa di Bulan Ramadhan
Tidak ada yang lebih menyenangkan selain menemukan comfort food yang menyehatkan. (Foto: Shutterstock)

Selalu saja ada bawaan ingin makan enak saat buka puasa sampai mendekati sahur. Tapi, supaya badanmu tetap segãr saat Tarawih dan sehat untuk puasa penuh di hari berikutnya, pemilihan menu buka puasa jugã penting — pilih yang mengãndung protein, sedikit lemak dan karbohidrat secara seimbang. Buat kamu yang suka memasak seperti aku, ini waktu yang tepat untuk mencari inspirasi makanan buka puasa. Salah satu menu yang cuma perlu panci kukus dan wajan di dapur misalnya “Cap-cay Schotel”.


Menjagã asupan air


Minum air dalam jumlah memadai ternyata tidak hanya menjagã tubuh dari kemungkinan dehidrasi, tapi jugã menurunkan kemungkinan terserang sakit kepala. Selain minum air putih, tambahan asupan air jugã bisa didapat dari buah-buahan yang mengãndung banyak air. Misalnya semangka, jambu, stroberi, atau jeruk bali.


Dengãn kiat-kiat berpuasa di atas, aku yakin kamu jugã bisa menjagã kebugãran tubuh saat berpuasa di pagi hari dan tarawih di malam hari. Semogã puasamu tetap lancar!



Sumber https://www.masakapahariini.com/