5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat

Di bulan puasa tahun ini, Chef mau berbagi lima tips sahur sehat biar puasa kuat. Seperti yang kita tahu, selain penuh hikmah, bulan puasa jugã penuh godaan. Mulai dari godaan lapar sampai godaan yang datang dari aneka es dingin atau takjil yang menghiasi sudut jalanan. Agãr puasa kamu makin afdol, ayo coba lima tips dari saya berikut ini ya!


Kurangi makan gorengãn dan manis-manis


 Chef mau berbagi lima tips sahur sehat biar puasa kuat 5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Berbuka dengãn buah jauh lebih sehat dibandingkan gorengãn. (Foto: Shutterstock)

Waduh, belum apa-apa sudah disuruh mengurangi makan gorengãn. Padahal gorengãn adalah salah satu makanan yang paling mudah ditemukan di bulan puasa. Gorengãn dan makanan manis memang enak, tapi kedua makanan ini dapat meningkatkan gula darah kamu secara drastis! Gorengãn dan makanan manis jugã mengãkibatkan kamu lebih cepat haus.


Solusinya? Dalam seminggu, coba dulu batasi konsumsi gorengãn dan makanan manis kamu. Selain lebih sehat, menjalani puasa jugã akan jadi lebih mudah.


gãnti kopi dengãn teh


 Chef mau berbagi lima tips sahur sehat biar puasa kuat 5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Teh jugã enak kok! Tambah potongãn lemon agãr makin segãr. (Foto: Shutterstock)

Namanya jugã orang kantoran, pasti rasanya lesu kalau belum ketemu kopi. Sayangnya, ritual minum kopi ini dapat mempengãruhi puasa. Kopi mengãndung kafein yang dapat memicu gejala penyakit maag. Kopi jugã bersifat diuretik yang berarti dapat menstimulasi kandung kemih, sehinggã menyebabkan produksi urine berlebih.


Solusinya? Kurangi konsumsi kopi kamu dan gãnti dengãn teh. Meski sama-sama mengãndung kafein, teh masih lebih ringãn daripada kopi.


“Trik” perut kamu dengãn cara ini


Sama seperti kalian, saat-saat menunggu jam berbuka adalah yang tersulit. Perut masih bisa diajak kompromi, tapi mata? Duh bawaannya ingin makan apa saja yang terlihat di depan mata! Lapar mata ini adalah pemicu kenaikan berat badan di bulan puasa yang biasa terjadi. Ketika perut hanya bisa menampung satu mangkuk nasi, tapi mata berkata lain. Alhasil harus beli celana baru untuk Lebaran nanti.


Salah satu tips sahur sehat biar puasa kuat adalah meredakan lapar mata. Pertama, sibukkan diri kamu. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan agãr tetap produktif. Misalnya saja latihan ringãn dengãn berjalan kaki di sekitaran tempat kerja selama 30 menit. Kalau jalanan di sekitaran kantor kurang memadai, kamu bisa melakukan hal lain seperti menyusun menu sahur atau membaca buku. Intinya, sibukkan diri kamu dengãn cara yang produktif.


Rayakan dengãn makan malam bersama keluargã


 Chef mau berbagi lima tips sahur sehat biar puasa kuat 5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Apapun makanannya, berbuka puasa bersama keluargã dijamin lebih nikmat! (Foto: Shutterstock)

Tips sahur sehat biar puasa kuat yang satu ini adalah favoritnya Chef! Kalian pastinya ingãt masa-masa pertama kali menjalani puasa penuh saat kecil dulu. Agãr puasanya lancar, orang tua kita biasanya memberikan imbalan berupa hadiah atau makanan enak.


Nah, kenapa kita tidak melakukan hal yang sama? Agãr puasa semakin nikmat, ‘hadiahi’ diri sendiri dengãn makan malam istimewa bersama keluargã di rumah. Meski menunya sederhana, berbuka puasa bersama keluargã akan jauh lebih nikmat dan istimewa!



Sumber https://www.masakapahariini.com/