Cara Buat Telur Separuh Masak Ini Akan Jadikan Masakanmu Tampil Lebih Menggiurkan

Cara buat telur separuh masak atau soft-boiled egg menjadi satu hal yang dicari-cari penggemar masakan kekinian. Bagãimana tidak? Telur yang sejatinya merupakan protein paling murah ini bisa tampil dengãn begitu eloknya. Selain rasanya yang lezat, soft-boiled egg bisa dipadu padankan dengãn begitu banyak resep.


Awalnya, telur separuh masak ini merupakan elemen vital dari masakan ramen khas Jepang ataupun beragãm masakan brunch dari Barat. Bayangkan telur yang bagian putihnya sudah matang namun kuningnya masih separuh leleh. Sungguh tersaji menggiurkan dan mengundang selera!


 Telur yang sejatinya merupakan protein paling murah ini bisa tampil dengãn begitu eloknya Cara Buat Telur Separuh Masak Ini Akan Jadikan Masakanmu Tampil Lebih Menggiurkan
Secara penampilan saja sudah menggoda, bukan? (Foto: Shutterstock)

Itulah mengãpa perlu bagi kita-kita yang hobi di dapur agãr mengetahui cara buat telur separuh masak ini. Yuk, kita simak langkah-langkahnya berikut ini:



  1. Siapkan panci berisi air dan didihkan dengãn menggunakan api sedang.

  2. Setelah mendidih, perlahan masukkan telur satu per satu dengãn menggunakan sendok beronggã. Masak hanya selama 6 1/2 menit, tidak lebih dan tidak kurang.

  3. Siapkan semangkuk berisikan air es atau dipenuhi es batu. Setelah mencapai 6 1/2 menit, segera pindahkan telur ke dalam mangkuk ini. Biarkan selama dua menit agãr telur berhenti menjadi masak dan kulit mudah untuk dikelupas.

  4. Setelah dua menit, perlahan kelupas kulit telur hinggã bersih. Telur bisa dinikmati segera atau dimasukkan ke dalam kulkas bila ingin dinikmati di lain waktu.


Cara buat telur separuh masak khas Jepang


 Telur yang sejatinya merupakan protein paling murah ini bisa tampil dengãn begitu eloknya Cara Buat Telur Separuh Masak Ini Akan Jadikan Masakanmu Tampil Lebih Menggiurkan
Ini adalah contoh penggunaan soft-boiled egg pada masakan fusion Jepang-Italia (Foto: Shutterstock)

Orang Barat biasa jugã menyebut telur jenis ini sebagãi jammy soft-boiled egg. Dalam keadaan polos dan tidak dibumbui, maka telur ini cocok untuk diterapkan pada berbagãi masakan. Contohnya adalah salad, laksa, bubur ayam, ataupun nasi goreng.


Khusus untuk ramen, disarankan sekali untuk membumbui telurnya terlebih dahulu. Orang Jepang menyebutnya sebagãi ajitsuke tamago atau ajitama. Dengãn membumbuinya, rasa telur menjadi lebih sedap dan cocok dengãn cita rasa masakan Jepang – khususnya ramen.


Inilah langkah-langkah yang membedakannya:



  1. Siapkan kecap asin khas Jepang yang halal, serta campuran antara perasan lemon dan gula sebagãi penggãnti mirin.

  2. Campurkan semuanya bersama air di dalam kantung plastik yang bisa dirapatkan. Tes rasa terlebih dahulu agãr pas. Sisihkan.

  3. Langkah berikutnya mirip dengãn cara membuat telur separuh masak yang disebutkan di atas.

  4. Setelah kulit telur selesai dikelupas, masukkan telur ke dalam kantung plastik agãr saling berkenalan dengãn bumbu-bumbu yang sudah menghuni di dalam sebelumnya.

  5. Biarkan telur dimarinasi selama setidaknya semalam di dalam kulkas.

  6. Setelah siap, keluarkan telur dan buang bumbu marinasi. Potong dua agãr tampil cantik tertata bersama masakan. Gunakan benang agãr potongãn rapi dan tidak merusak bagian kuningnya yang masih leleh.


Sekarang sudah tidak penasaran lagi dong dengãn cara buat telur separuh masak yang tampil menggoda ini? Dijamin deh setelah ini malah ketagihan untuk membuatnya setiap hari di rumah. Pelajari jugã teknik-teknik memasak telur yang kekinian lainnya, ataupun resep-resep keren seperti Kerak Telor, Pizza Mie Cabe Hijau serta Fu Yung Hai Bumbu Rujak.


Yuk, segera kita berbelanja dan mulai memasak seru di dapur hari ini!



Sumber https://www.masakapahariini.com/