Cara Membuat Adonan Pempek Anti gãgãl yang Wajib Kamu Tahu

Sejatinya cara membuat adonan pempek yang otentik adalah menggunakan ikan belida yang banyak ditemukan di sungãi-sungãi di daerah Sumatera Selatan. Ikan belida pada masanya sangãt berlimpah hinggã sayang akhirnya kini menjadi mahal dan mulai langka. Barulah kemudian pempek mulai diracik dengãn menggunakan ikan gãbus yang jugã sama sedapnya.


Sebagãi alternatif dari ikan air tawar, pempek jugã dibuat dari ikan tenggiri, ikan kakap merah, ikan ekor kuning, dan beberapa jenis ikan lainnya. Agãr tidak salah dalam cara membuat adonan pempek yang benar, ada baiknya kamu tahu beberapa tips membuat makanan khas Palembang ini. Yuk, kita simak bersama!


Perbandingãn antara ikan dan daging yang pas


Komposisi antara daging ikan dan tepung tapioka yang akan membuat pempek lebih terasa adonan ikannya adalah 1:1/2 atau 1:3/4. Dengãn keseimbangãn bahan baku ini makan pempek akan lebih terasa ikan ketimbang tepung.


Selalu perhatikan kesegãran ikan


Agãr adonan pempek tidak berbau, pastikan kamu menggunakan bahan baku fillet ikan yang masih segãr dan bebas bau. Tidak melulu terbuat dari ikan belida, pempek jugã biasa dibuat dari ikan gãbus atau ikan tenggiri.


Sejatinya cara membuat adonan pempek yang otentik adalah menggunakan ikan belida yang bany Cara Membuat Adonan Pempek Anti gãgãl yang Wajib Kamu Tahu
Ikan segãr adalah salah satu kunci keberhasilan pempek yang enak. (Foto: Shutterstock)

Tepung tapioka atau kanji wajib dalam kondisi baik


Hindari asal mengãduk tepung bersama daging ikan. Seperti halnya ikan, tepung kanji yang kamu gunakan jugã wajib dalam kondisi yang tidak berbau apek. Kamu tak mau kan adonan pempekmu lantas memiliki aroma dan rasa yang langu?


Gunakan es batu


Fungsi es pada cara membuat adonan pempek yang benar adalah untuk membuat adonan ikan kenyal dan tidak liat. Adonan pempek ikan yang liat jugã bisa disebabkan karena komposisi tepung yang terlalu banyak.


Pembentukan adonan


Para pembuat pempek di kampung halamannya punya trik agãr adonan pempek lebih mudah dibentuk. Adonan pempek biasanya didiamkan selama semalaman lalu dibentuk sesuai dengãn kebutuhan, misalnya berbentuk pempek lenjer, adaan, kapal selam, atau untuk lenggãng.


Sejatinya cara membuat adonan pempek yang otentik adalah menggunakan ikan belida yang bany Cara Membuat Adonan Pempek Anti gãgãl yang Wajib Kamu Tahu
Pempek panggãng, cocok sebagãi kudapan lezat untuk seluruh keluargã! (Foto: MAHI)

Terakhir, sebelum membuat makanan yang disandingkan dengãn saus cuko ini, pastikan semua bahan segãr. Dijamin hasilnya maksimal!


Tak sabar ingin berkreasi dengãn pempek? Coba Resep Pempek Panggãng atau Resep Pempek Udang Saus Bumbu Rujak yang bisa kamu coba sajikan untuk keluargã tercinta.



Sumber https://www.masakapahariini.com/