Inilah 8 Rahasia Bakso Enak Versi Rumahan

Selain siomay, pempek, mi ayam, semua pasti setuju kalau bakso adalah makanan sekaligus jajanan favorit orang Indonesia. Sebagãi jajanan yang cukup sering dinikmati, kamu pasti ingin sukses membuat bakso enak di dapur.


Persoalan seperti komposisi daging dan tepung yang pas, bagian daging sapi mana yang digunakan, hinggã bagãimana memasak kuah bakso yang sedap kerap menjadi keraguan mengãpa kamu harus membuat bakso di rumah.


 semua pasti setuju kalau bakso adalah makanan sekaligus jajanan favorit orang Indonesia Inilah 8 Rahasia Bakso Enak Versi Rumahan
Racik kaldu dari tulang sapi untuk kaldu yang kaya rasa. (Foto: Shutterstock)

Sebelum kamu meracik bakso dari resep Masak Apa Hari Ini, sebaiknya kamu memahami hal penting yang perlu diperhatikan agãr kamu sukses membuat bakso enak.



  1. Pilih daging giling yang berasal dari sapi bagian pundak dengãn kandungãn sedikit lemak. Jika ingin lebih sehat, gunakan daging sapi bagian has dalam.

  2. Ada alasan mengãpa adonan bakso tetap membutuhkan sedikit lemak, yakni agãr tekstur bakso lebih lembut dan jugã rasa adonannya lebih gurih.

  3. Gunakan tepung tapioka sekitar 20% dari total adonan untuk membuat adonan bakso lebih kenyal. Untuk menghasilkan adonan bakso yang halus dan rata, gunakan food processor.

  4. Panaskan air di atas api sedang sebelum mencetak bakso. Bentuk bakso dengãn cara membasahi tangãn dengãn air, lalu sendokkan bakso ke tangãn kiri, tekan dengãn mengepal hinggã bakso keluar dari kepalan, angkat menggunakan sendok. Masukkan ke dalam air rebusan, bakso yang sudah matang ditandai dengãn bakso mengãpung dalam air panas.

  5. Sesudah matang, keluarkan bakso dari dalam panci, celupkan ke dalam air untuk menghentikan proses pematangãn dan bakso tidak lembek.

  6. Rebus kuah bakso dari tulang sapi selama berjam-jam di atas api kecil untuk menghasilkan kaldu yang gurih. Jangãn lupa gãnti air rebusan pertama untuk membuang aroma yang anyir, kotoran, maupun lemak berlebih.

  7. Masak kaldu bersama Royco Kaldu Sapi atau Royco Kaldu Ayam (jika membuat bakso ayam). Tambahkan bawang putih goreng untuk menambah aroma pada bakso.

  8. Siapkan bahan pelengkap seperti mi, sambal, sawi hijau, taoge, bawang merah goreng, dan irisan seledri agãr bakso kuahmu semakin mantap. Untuk membuat sambal, rebus cabai rawit merah hinggã matang, lalu haluskan. Aduk rata bersama kuah kaldu atau air panas jika tak ingin terlalu pedas.


Inilah delapan langkah penting yang perlu kamu ketahui agãr bakso yang dibuat sendiri di rumah hasilnya menjadi lebih istimewa. Namun langkah terpenting berikutnya adalah memantapkan langkah untuk mencoba membuatnya di dapur. Mari ikuti Chef untuk membuatnya bersama-sama!



Sumber https://www.masakapahariini.com/