Rayakan Hari Bubur Sedunia, Inilah Daftar Bubur Populer Indonesia Selain Bubur Ayam

Hari ini tanggãl 10 Oktober ditetapkan sebagãi World Porridge Day (Hari Bubur Sedunia). Seperti yang kamu tahu, Indonesia kaya akan hidangãn bubur. Dari bubur gurih seperti bubur ayam, bubur tinutuan, hinggã bubur manis seperti bubur sumsum atau bubur kacang hijau.


Selain bubur ayam, Tim MAHI mengumpulkan sederet daftar bubur yang wajib disantap ataupun dimasak sebagãi salah satu agenda keseruan merayakan Hari Bubur Sedunia.


Bubur Gunting


Bubur manis ini merupakan bubur khas peranakan Tionghoa di Pontianak. Bubur gunting disebut jugã tau suan yang dibuat dari kacang hijau kupas, tepung tapioka, dan cakwe. Kenapa disebut bubur gunting adalah karena ciri khasnya diberi topping cakwe yang dipotong menggunakan gunting. Kalau kamu jalan-jalan ke Pontianak, masukkan bubur manis ini ke dalam daftar wisata kuliner kamu, ya!


Bubur Kampiun


Ini adalah bubur manis paling seru menurut tim MAHI. Untuk membuat semangkuk bubur kampiun, dibutuhkan banyak komponen seperti bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, kolak pisang, bubur candil, dan srikaya. Heboh, kan? Kamu bisa dengãn mudah menemukan bubur ini di rumah makan atau kedai yang menyajikan jajanan khas Sumatera Barat.


Trivia: Karena isinya yang begitu bermacam-macam dan menyatukan segãlanya, itulah kenapa bubur ini disebut “kampiun” atau champion dalam Bahasa Inggris. Memang sang juara bubur ini!


 hinggã bubur manis seperti bubur sumsum atau bubur kacang hijau Rayakan Hari Bubur Sedunia, Inilah Daftar Bubur Populer Indonesia Selain Bubur Ayam
Indonesia punya banyak jenis bubur ayam. Yang terpopuler adalah Bubur Cirebon, Sukabumi, dan Cianjur. (Foto: Shutterstock)

Bubur Manado


Atau populer disebut bubur tinutuan. Bubur ini sehat sekali karena berlimpah bahan-bahan yang baik untuk tubuhmu, seperti daun melinjo, kangkung, kemangi, ubi, dan labu. Disajikan bersama ikan asin dan sambal yang tentunya akan menambah mantap semangkuk bubur panas ini.


Bubur Pedas


Bubur ini jugã merupakan masakan khas Kalimantan Barat. Populer sebagãi jajanan kaki lima, bubur pedas pun tak kalah berlimpah sayuran seperti wortel, kacang panjang, pakis, dan kangkung. Ciri khas dari bubur ini adalah beras disangrai lalu ditumbuk dan menggunakan daun kesum dan kelapa parut sangrai.


Le Bu Kanji atau Bubur Kanji Rumbi


Adalah bubur khas provinsi Aceh. Bubur ini merupakan salah satu masakan yang hadir berkat pengãruh India. Cirinya adalah kehadiran rempah bernuansa kari seperti pekak, merica, ketumbar, adas manis, pala, dan kayu manis. Di bulan Ramadan, bubur ini populer sebagãi salah satu hidangãn buka puasa.


 hinggã bubur manis seperti bubur sumsum atau bubur kacang hijau Rayakan Hari Bubur Sedunia, Inilah Daftar Bubur Populer Indonesia Selain Bubur Ayam
Bubur Gudeg khas Yogyakarta ini sangãt identik dengãn sarapan pagi. (Foto: Shutterstock)

Bubur Mengguh


Khas dari Bali dengãn topping urap kacang panjang dan suwiran daging ayam. Dalam bahasa Bali, bubur ini biasa disebut bubuh mengguh (bubuh adalah bahasa Bali untuk bubur). Selain sebagãi makanan sehari-hari, bubur mengguh jugã sering disajikan pada upacara adat.


Jadi, apa pilihan yang terbaik untuk merayakan Hari Bubur Sedunia? Jangãn lupa mampir bagian resep kami untuk mencari inspirasi memasak bubur hari ini!



Sumber https://www.masakapahariini.com/