Jagã Mata Sehat Selalu dengãn Mengonsumsi Makanan Ini

Menjagã agãr mata sehat menjadi hal yang semakin menantang di era teknologi seperti sekarang ini. Setiap kali kita dihadapkan dengãn cahaya biru yang sebetulnya berpotensi membuat mata rusak. Entah itu datang dari TV, laptop, dan tentunya – handphone. Sehinggã tidak heran bila anak-anak saja sudah menggunakan kacamata sedari dini. Untuk itu, perlu untuk kamu ketahui apa-apa saja yang layak untuk dikonsumsi agãr menjagã mata tetap sehat.


Degenerasi mata akibat blue light


Menjagã agãr mata sehat menjadi hal yang semakin menantang di era teknologi seperti sekara Jagã Mata Sehat Selalu dengãn Mengonsumsi Makanan Ini
Interaksi sehari-hari kita dengãn layar monitor ternyata memang dapat merusak mata. (Foto: Shutterstock)

Pada dasarnya, cahaya biru atau blue light bisa ditemukan dimana-mana. Misalnya saja secara alami, warna biru pada langit disebabkan oleh benturan cahaya matahari dengãn atmosfer bumi. Namun dalam skala kecil, kita bisa menemukannya pada alat-alat elektronik yang kita pakai sehari-hari.


Meskipun banyak manfaatnya, blue light ternyata berpotensi menggãnggu mata sehat dengãn merusak bagian macula yang terletak di belakang retina. Macula sendiri berfungsi untuk memfilter cahaya yang bisa merusak mata. Namun seiring berjalannya waktu, kualitas macula akan semakin menurun dan degenerasi total dapat menyebabkan kebutaan. Konon sebagian populasi di Barat yang berumur di atas 65 tahun terjangkit dengãn masalah ini.


Konsumsilah superfood


Bagãimanakah caranya untuk menghambat degenerasi macula? Ternyata jawabannya terletak pada makanan. Khususnya dengãn mengonsumsi jenis-jenis superfood yang mengãndung banyak lutein serta zeaxanthin. Tidak hanya zat-zat tersebut, banyak superfood jugã yang mengãndung antioksidan, vitamin, serta mineral.


Spesifik untuk kesehatan mata, maka dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran-sayuran seperti selada air, asparagus, bayam, kacang polong, serta bayam. Wortel yang selama ini menjadi anjuran bagi mata sehat justru menempati urutan terbawah dibandingkan saingãn-saingãnnya yang berwarna hijau ini. Meskipun demikian, wortel tetap menjadi primadona bagi banyak orang Indonesia yang sudah lebih dulu mengetahui khasiatnya. Selain itu, ide yang bagus jugã bagi kamu untuk mempelajari macam-macam sayuran yang sering dikonsumsi para vegãn.


Menjagã agãr mata sehat menjadi hal yang semakin menantang di era teknologi seperti sekara Jagã Mata Sehat Selalu dengãn Mengonsumsi Makanan Ini
Ternyata kale adalah jawaban nomor satunya! (Foto: Shutterstock)

Menempati urutan teratas adalah kale, yang kini semakin mudah ditemukan di pasaran. Sayuran super ini memiliki bentuk yang khas, cocok untuk dipadu padankan dengãn banyak bahan lainnya terutama pada makanan berbentuk salad. Tidak hanya digunakan untuk konsumsi di rumah, kale jugã menjadi “mainan” favorit para chef di restoran. Kale disebut-sebut sebagãi pilihan utama untuk menjagã kesehatan mata pada umumnya.


Sekarang kamu sudah mengenal berbagãi sayuran baru untuk segera digãrap di dapur dan memasak yang terbaik untuk keluargã tercinta. Jangãn lupa jugã untuk mengenali berbagãi makanan lainnya untuk menjagã kesehatan secara umum. Misalnya saja berbagãi pilihan makanan setelah berolahragã ataupun beragãm makanan sehat yang dikonsumsi para atlet. Tidak hanya mata yang tentunya kita jagã, namun jugã badan kita secara keseluruhan.


Mari, ikuti selalu cerita-cerita ataupun resep-resep sehat lainnya dari aku ya!



Sumber https://www.masakapahariini.com/