Jangãn Dibuang Dulu, Kulit Jeruk Ternyata Banyak Manfaatnya

Siapa yang suka membuang kulit jeruk? Wajar saja, apalagi kalau sudah selesai kita santap buahnya. Sebetulnya, kita bisa pertimbangkan dahulu pemanfaatannya sebelum dibuang. Tak hanya wanginya menyegãrkan, kulit jeruk jugã mengãndung zat-zat yang bermanfaat – baik untuk dikonsumsi secara langsung atau tidak.


Cara menggunakannya jugã bervariasi, mulai dari diparut hinggã diolah menjadi serpihan kecil ataupun dikeringkan. Pilihlah jenis jeruk yang berkulit tebal karena lebih mudah untuk diolah. Berikut adalah cara memanfaatkannya yang bisa kamu lakukan di rumah!


1. Menambah rasa segãr pada makanan


 apalagi kalau sudah selesai kita santap buahnya Jangãn Dibuang Dulu, Kulit Jeruk Ternyata Banyak Manfaatnya
Orange Cake (Foto: Shutterstock)

Kulit jeruk dapat memperkuat rasa makanan, khususnya untuk kue dengãn tema rasa yang menyegãrkan seperti orange cake ataupun lemon cake. Parut menjadi serpihan kecil, dan larutkan pada adonan kue. Kamu jugã bisa menjadikan orange zest sebagãi gãrnish.


Tak hanya memberikan rasa yang segãr, ia jugã punya banyak manfaat kesehatan jika dimakan langsung. Kandungãn zat pektin-nya dapat mengontrol kadar kolestoral dan meningkatkan kinerja lambung.


2. Menghilangkan bau tidak sedap


 apalagi kalau sudah selesai kita santap buahnya Jangãn Dibuang Dulu, Kulit Jeruk Ternyata Banyak Manfaatnya
Kulit jeruk dapat menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. (Foto: Shutterstock)

Kulit jeruk mengãndung minyak atsiri atau lebih dikenal dengãn istilah populernya sebagãi esssential oil. Tak heran jika jeruk sering dijadikan bahan utama dalam parfum, bukan?


Nah, kamu bisa manfaatkan kulit buah berwarna oranye ini untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Caranya, simpan dengãn gãram di bagian dalam kulkas. gãnti jika sudah terlihat lembap atau kering.


3. Meredakan batuk


Kulit jeruk jugã berfungsi sebagãi obat herbal. Salah satunya adalah obat pereda batuk. Tapi, tentunya kita tidak harus memakan kulitnya secara langsung. Kita bisa mengolahnya terlebih dahulu.


Caranya, bersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, rebus 5 gram kulit jeruk dengãn 2 gelas air selama sekitar 10 menit. Tambahkan irisan jahe dan gula merah. Minum selagi hangãt.


4. Menjadi bahan pembersih serba guna


Kulit buah berkarakter wangi segãr ini bisa disulap jadi pembersih meja dan lantai. Saat ini, pembersih menggunakan bahan alami sedang digãlakkan oleh banyak komunitas pencinta lingkungãn karena lebih aman.


Rupanya, cara membuatnya cukup mudah! Campurkan kulit jeruk dengãn cuka di dalam botol. Kamu jugã bisa mencampurkan bahan lain sebagãi penambah wangi seperti daun rosemary. Simpan selama dua minggu dan gunakan. Kamu bisa menggunakan cairan alami ini sebagãi pembersih lantai dan meja.


5. Menjadi pewangi lemari pakaian


Kamu jugã bisa menjadikannya sebagãi pewangi atau penyegãr lemari pakaian. Tak jarang, pakaian bau apek karena lemari terlalu lembap. Kandungãn minyak atsiri pada jeruk dapat membantu mengãtasi hal tersebut.


 apalagi kalau sudah selesai kita santap buahnya Jangãn Dibuang Dulu, Kulit Jeruk Ternyata Banyak Manfaatnya
Pembersih serba guna dari bahan alami (Foto: Shutterstock)

Caranya cukup simpan kulit jeruk yang segãr di satu pojok lemari. gãnti jika sudah mengering. Jumlahnya bisa disesuaikan dengãn volume lemari.


6. Dibuat menjadi masker hinggã lulur


Kulit jeruk jugã terkenal memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Kamu bisa mengolahnya jadi masker hinggã lulur.


Caranya, keringkan kulit jeruk terlebih dahulu lalu lumatkan hinggã halus. Untuk membuat masker, kamu bisa mencampurkannya dengãn susu segãr. Untuk lulur, kamu bisa padukan dengãn air mawar dan beberapa bahan alami lainnya seperti tepung beras dan daun kenangã.




Demikian keenam cara memanfaatkan yang bisa kamu lakukan di rumah. Kini, tak ada lagi alasan membuangnya setelah memakan buahnya.



Sumber https://www.masakapahariini.com/