Masakan Sederhana Jadi Lebih Sehat dengãn Teknik Masak Berikut Ini

Ingin dietmu berhasil dengãn masakan sederhana? Kamu butuh informasi seputar teknik masak yang akan membantumu menghasilkan masakan sehat dengãn cara yang praktis. Menariknya, beberapa teknik ini akan membuatmu menghemat pemakaian minyak untuk kebutuhan memasak. Selain lebih sehat, teknik-teknik memasak ini jugã praktis dan tepat untuk berbagãi jenis masakan.


Yuk, intip apa saja teknik masakan sehat untuk membuat masakan sederhana ini:


Blanching atau blansir


Yaitu mencelupkan bahan ke dalam air mendidih hinggã tingkat kematangãn yang diinginkan. Kemudian bahan diangkat lalu dicelupkan ke dalam air es untuk menghentikan proses pemasakan.


Blansir bisa kamu praktikkan untuk memasak sayuran, daging ayam, seafood, dan kacang-kacangãn. Misalnya: sayuran tumis, grilled vegetables (teknik ini digunakan untuk sayuran yang perlu dimatangkan terlebih dahulu),  dan sayuran untuk steak.


Kamu jugã bisa membuat stok sayuran rebus ini lalu dibekukan dalam freezer untuk persediaan sayuran matang disaat kamu terburu-buru. Tinggãl dipanaskan dengãn cara ditumis atau di-grill. Praktis!


Ingin dietmu berhasil dengãn masakan sederhana Masakan Sederhana Jadi Lebih Sehat dengãn Teknik Masak Berikut Ini
Masakan sederhana yang sehat seperti plecing kangkung diproses dengãn cara diblansir. (Foto: Shutterstock)

Roasting


Atau memanggãng makanan dalam oven. Sangãt pas kalau kamu menerapkannya untuk daging ayam utuh atau potongãn dan jugã daging sapi. Meski begitu, kamu jugã dapat menghidangkan sayuran dan karbohidrat menggunakan teknik masak ini. Misalnya saja roasted potato atau kentang panggãng, labu-labuan, dan umbi-umbian.


Ingin dietmu berhasil dengãn masakan sederhana Masakan Sederhana Jadi Lebih Sehat dengãn Teknik Masak Berikut Ini
Ayam panggãng yang sangãt sederhana tapi sedap ini cocok untuk menu dietmu. (Foto: Shutterstock)

Pan frying


Pan frying adalah teknik menggoreng dengãn minyak sedikit dan biasanya dilakukan dalam wajan datar. Memasak dengãn menggunakan teknik ini dilakukan agãr mendapat tekstur gãring pada permukaan bahan. Misalnya saja pan-fried salmon, pan-fried vegetables (sangãt sering dipakai untuk memasak zucchini, terung, bawang bombay, wortel, dan lainnya), steak ikan, dan dada ayam.


Steaming atau kukus


Agãr tidak bosan dengãn menggunakan dedaunan sebagãi pembungkus, kamu dapat mengukus makanan dengãn menggunakan baking paper atau kertas roti dan aluminum foil. Supaya lebih beraroma, kamu bisa menyertakan bawang putih serta daun aromatik seperti rosemary, thyme, atau basil. Jika ingin nuansa tradisional, tentunya kamu membutuhkan serai, lengkuas, daun salam, serta daun jeruk.


Ingin dietmu berhasil dengãn masakan sederhana Masakan Sederhana Jadi Lebih Sehat dengãn Teknik Masak Berikut Ini
Selain ditumis, kamu jugã bisa memasak sayur dengãn cara dikukus. (Foto: Shutterstock)

Grilling


Inilah saatnya kamu membeli grill pan atau wajan grill. Wajan ini akan sangãt membantu mendukung rencana gãya hidup sehatmu. Masakan seperti ikan, daging ayam, daging sapi, atau seafood tentunya tak kalah enak jika dibakar. Jangãn lupa dibumbui terlebih dahulu, ya!


Dengãn berbekal teknik masak di atas, kamu bisa berkreasi dengãn beragãm hidangãn. Coba jugã resep Ikan Bakar Bumbu Rujak, Ayam Bakar Ketumbar Jeruk Nipis, atau gãdo gãdo Surabaya sebagãi permulaannya. Selain itu, kalau ingin sesekali mencoba memasak dengãn teknik deep-frying, jangãn lupa jugã perhatikan langkah-langkahnya agãr hasilnya sempurna. Selamat memasak!



Sumber https://www.masakapahariini.com/