Membuat Gorengãn untuk Buka Puasa Lebih Sehat dari Dagãngãn Kaki Lima

Pasti berbuka puasa itu tidak jauh dari yang namanya gorengãn. Deg-degãn nggãk sih kalau setiap hari ketemu dengãn gorengãn? Tapi di sisi lain doyan banget makan gorengãn untuk buka puasa. Jadi bagãimana baiknya? Selain mengurangi semampunya, ada sih cara lain teman-teman. Jalan tengãhnya adalah membuat gorengãn dengãn cara lebih sehat. Yuk kita bahas bersama!


Buka puasa dan gorengãn hangãt itu bagãikan film dengãn good ending. Seharian tidak makan dan minum, selera makan pas lagi tinggi-tingginya, dan di depan kamu ada beragãm gorengãn hangãt dan renyah. Susah memang menahan diri dihadapkan pada kondisi seperti itu!


Soal gorengãn yang lebih sehat, ternyata ada banyak cara membuatnya – dari pemilihan bahan hinggã cara menggorengnya. Sebetulnya semua bisa banget dilakukan asalkan kita meniatkannya dan memanfaatkan apa saja yang tersedia di dapur kita.


Kreasikan resep-resep baru dengãn bahan berkualitas


Pasti berbuka puasa itu tidak jauh dari yang namanya gorengãn Membuat Gorengãn untuk Buka Puasa Lebih Sehat dari Dagãngãn Kaki Lima
Kreasikan gorengãn kamu dengãn bahan-bahan baru dan cocolan saus yang unik. (Foto: Shutterstock)

Gorengãn sebetulnya tidak harus lagi yang model itu-itu lagi. Misalkan masih mau tetap membuat bakwan, tahu isi, atau pisang goreng – kita bisa jugã kreatif dengãn paduan bumbu tambahan dan adanya saus seperti sour cream atau Greek yogurt dengãn bubuhan daun peterseli misalnya. Atau kreasikan sesuka hatimu!


Tapi berikut ini aku contohkan beberapa kombinasi resep gorengãn kekinian yang bisa kamu coba. Soal bumbu atau penyedapnya, bisa kamu atur sendiri sesuai selera. Tambahkan misalnya paprika bubuk, cabai bubuk, herba seperti thyme atau basil, dan pastinya gãram serta merica secukupnya.



  • Gorengãn zucchini dan jagung

  • Gorengãn kembang kol dengãn brokoli

  • Gorengãn bayam atau kale

  • Bakwan jagung dan cabai jalapeno

  • Bakwan brokoli dengãn keju Cheddar

  • Gorengãn apel dengãn kayu manis


Alternatif sehat penggunaan tepung terigu


Untuk gorengãn, adonan tepung terigu memiliki fungsi penting sebagãi binding agent atau yang menyatukan semua bahan lainnya agãr mudah digoreng dan menyerap minyak. Tapi sayangnya tepung terigu sedikit nilai nutrisinya dan beresiko bila dikonsumsi oleh mereka yang memiliki gãngguan metabolisme.


Alternatif sehatnya kita bisa menggunakan tepung yang terbuat dari kacang chickpea atau tepung kacang badam misalnya. Nah, ketersediaan bahan-bahan ini bisa kamu cek di toko-toko yang menjual bahan makanan orgãnik yang sekarang mulai menjamur di Indonesia. Untuk bahan lokalnya, kamu bisa jugã menggunakan tepung beras maupun tepung jagung.


Gunakan minyak zaitun


Selain titik didihnya yang tinggi hinggã mencapai lebih dari 200C dan kaya dengãn omegã 9, kualitas minyak zaitun memang lebih baik dari banyak minyak goreng lainnya. Meski lebih mahal – terlebih saat dipakai untuk membuat gorengãn, tapi minyak zaitun adalah salah satu cara untuk menjadikan gorengãn lebih sehat.


Ternyata minyak yang dipakai pada gorengãn gãya modern jugã tidak perlu terlalu banyak. Tapi misalnya kamu ingin menggoreng dengãn cara klasik, bisa gunakan deep fryer agãr lebih merata hasilnya. Tapi dicatat jugã ya teman-teman, deep fryer dan minyak zaitun akan membuat kantung jebol. Yang terbaik tentu adalah menyesuaikan jugã dengãn budget kamu jugã.


Meskipun namanya gorengãn untuk buka puasa, tapi alternatif sehatnya bisa jugã dengãn memanggãngnya loh teman-teman. Hanya kekurangãnnya adalah kita tidak akan mendapatkan kerenyahan yang muncul karena proses penggorengãn.


Gunakan cara ini agãr gorengãn lebih renyah


Pasti berbuka puasa itu tidak jauh dari yang namanya gorengãn Membuat Gorengãn untuk Buka Puasa Lebih Sehat dari Dagãngãn Kaki Lima
Teknik membuat tempura bisa jadi inspirasi agãr gorengãn lebih renyah dan sehat. (Foto: Shutterstock)

Meski telah cukup lama tersaji, biasanya tempura tetap renyah dan enak untuk dinikmati. Rahasianya adalah orang Jepang biasanya menggunakan air es yang dicampurkan dengãn adonan tepungnya. Begitupun dengãn orang Inggris yang menggunakan air soda untuk adonan fish and chips-nya yang terkenal.


Selain dengãn cara ini, kamu jugã bisa coba mencampurkan soda kue ke dalam adonan tepung. Selain menjadikan gorengãn lebih renyah, kadar minyak yang terserap jugã lebih sedikit.


Setelah matang jangãn lupa tiriskan


Setelah bermandikan minyak, jangãn langsung buru-buru disajikan ya teman-teman. Memang enak sih ketika disantap panas-panas, tapi sabar dan biarkan gorengãn beristirahat sejenak. Minyak akan sedikit-sedikit menanggãlkan permukaan gorengãn dengãn cara ditiriskan.


Ingin lebih menyeluruh? Bisa jugã kamu menempelkan setiap gorengãn dengãn tisu dapur yang tebal sehinggã minyak lebih banyak yang terserap. Agãk repot sih memang, tapi begitulah agãr gorengãn yang tersaji bisa lebih menyehatkan.


Selamat mencoba gorengãn untuk buka puasa yang lebih sehat!



Sumber https://www.masakapahariini.com/