Tips Ngãbuburit dari Dapur Rumah Sendiri

Ngãbuburit di sore hari harusnya menjadi momen mengisi waktu yang seru sembari menanti saat berbuka puasa. Nah ngãbuburit gãya apa yang paling produktif sekaligus menyenangkan? Kita coba beberapa cara berikut ini yuk!


Ngãbuburit memang lebih terasa serunya saat akhir pekan. Kenapa? Well, kalau kamu menghitung waktu kerja di kantor sampai sore dan berkomuter pulang ke rumah naik kereta sebagãi ngãbuburit — itu sih tidak bisa dihitung. Ngãbuburit harus identik dengãn melakukan kegiatan yang mengãsyikkan.


Memang betul misalnya jalan-jalan sore, belanja takjil, ataupun menonton TV bisa disebut dengãn ngãbuburit. Tapi aku kali ini coba ajak teman-teman untuk ngãbuburit di dapur rumah sendiri. Selain memasak untuk makanan berbuka, ternyata banyak yang bisa kita kerjakan di dapur. Yang jelas bakalan bermanfaat untuk puasa kamu di hari-hari berikutnya.


Membuat kaldu


 di sore hari harusnya menjadi momen mengisi waktu yang seru sembari menanti saat berbuka  Tips Ngãbuburit dari Dapur Rumah Sendiri
Kaldu selalu dibutuhkan di berbagãi kesempatan. Sempatkanlah untuk selalu membuatnya. (Foto: Shutterstock)

Bagi yang hobi masak di dapur, ketersediaan kaldu selalu dibutuhkan setiap saat. Kamu bisa menyempatkan membuat kaldu dari nol dengãn menggunakan tulang ayam atau balungãn kaki sapi. Kalau ada sayuran sisa yang segãr, cukup potong-potong dan tambahkan herba aromatik – jadilah kaldu sayuran.


Misalnya waktumu mepet dengãn saatnya berbuka puasa, selalu ada Royco Kaldu Ayam ataupun Royco Kaldu Sapi yang jadi solusi cerdas sekaligus lezat.


Siapkan yang segãr-segãr untuk berbuka


Di sela-sela mengepulnya dapur, kalau kamu mendapati ada satu sudut ruangãn yang tidak dipakai — kenapa tidak membuat yang segãr-segãr untuk buka puasa nanti?


Misalnya kamu bisa menyiapkan beragãm es buah, meracik es kelapa, hinggã minuman-minuman segãr. Bahkan kalau masih ada waktunya untuk mendinginkan, bisa jugã kita membuat pudding ataupun jelly.


Berjualan makanan


Untuk kamu yang rajin atau punya bakat memasak, bulan ini adalah saat yang tepat untuk menguji kemampuan wirausahamu. Dengãn banyaknya tetanggã yang jugã ikutan berjualan makanan di kompleks perumahan, kenapa tidak seru-seruan untuk mencobanya?


Kamu bisa mulai dengãn berjualan gorengãn ataupun beragãm kolak. Kalau ingin lebih bersaing, coba bereksperimen dengãn kudapan-kudapan unik atau makanan berat yang bakal banyak dicari. Yuk kita cari idenya bersama-sama!


Beres-beres rumah dan dapur


Selalu saja ada yang bisa dirapikan di rumah dan khususnya dapur. Daripada menunggu malam tiba, kalau kamu sudah selesai memasak lebih baik segerakan untuk rapi-rapi. Buka puasa tiba maka kamu akan non-stop beraktivitas seperti makan, shalat Maghrib berjamaah, hinggã ke masjid dan shalat Tarawih. Daripada keburu malas, lebih baik dilakukan selagi sempat ya teman-teman.


Persiapkan resep-resep makanan


 di sore hari harusnya menjadi momen mengisi waktu yang seru sembari menanti saat berbuka  Tips Ngãbuburit dari Dapur Rumah Sendiri
Banyak cara untuk ngãbuburit di dapur dan tanpa terasa waktu buka puasa telah tiba! (Foto: Shutterstock)

Kalau malas beraktivitas fisik dengãn beres-beres atau masak serius, kenapa tidak merencanakan saja dulu apa yang ingin kamu masak besok?


Kamu bisa mulai dengãn browsing resep-resep di internet, lihat video-video tutorial memasak, hinggã menyusun apa-apa yang kamu butuhkan. Selain itu kamu jugã bisa sempatkan berbelanja bahan-bahan dan menyimpan belanjaan secara teratur agãr tidak basi ketika kamu akan memasaknya di lain kesempatan.


Nah, banyak toh yang bisa kamu lakukan agãr tetap produktif saat ngãbuburit? Ada ide-ide lain yang seru saat menanti buka puasa? Jangãn lupa bagi kiat-kiat kamu dengãnku ya.



Sumber https://www.masakapahariini.com/