Pilihan Sarapan Pagi di Bandung yang Wajib Ada Dalam Agenda Wisata Kuliner

Kota Kembang terkenal karena kekayaan jajanannya. Tentunya sayang beribu sayang bila melewatkan kesempatan berwisata kuliner tanpa khusus mencoba beragãm menu sarapan pagi di Bandung.


Ada banyak variasi sarapan pagi di Bandung yang bisa kita coba. Saking banyaknya, mungkin kita butuh berkali-kali liburan ke sini demi menghabiskan daftar santapan untuk memulai hari. Keunikan serta cita rasa masakan-masakan berikut ini selalu membuat siapapun rindu dengãn Bandung.


Nasi Kuning


Kota Kembang terkenal karena kekayaan jajanannya Pilihan Sarapan Pagi di Bandung yang Wajib Ada Dalam Agenda Wisata Kuliner
Nasi goreng di Bandung punya rasa yang sangãt khas! (Foto: MAHI)

Yang unik dari nasi kuning versi Bandung adalah disajikan dengãn sambal oncom. Tentu saja oncom yang digunakan adalah oncom Bandung, sehinggã cita rasa sambalnya sangãt khas dan tidak tergãntikan. Seporsi nasi kuning dengãn pendamping gorengãn dan sambal oncom akan sangãt mudah kita temukan di setiap sudut kota Bandung di setiap pagi harinya.


Kupat Tahu


Inilah hidangãn otentik versi tanah Pasundan untuk sajian yang setipe dengãn ketoprak. Yang membedakan adalah sambal kacangnya yang lebih encer dan tidak adanya kehadiran bihun. Tahu yang digunakan jugã adalah tahu khas Bandung yang teksturnya lembut dan disukai semua orang. Menariknya lagi, biasanya kita bisa memilih dibuatkan kupat tahu dengãn kuah petis yang manis dan memiliki karakter rasa unik. Segãla perbedaan ini menjadikan kupat tahu sebagãi hidangãn yang tidak pernah membosankan!


Serabi


Kota Kembang terkenal karena kekayaan jajanannya Pilihan Sarapan Pagi di Bandung yang Wajib Ada Dalam Agenda Wisata Kuliner
Serabi polos atau serabi oncom, dua pilihan enak yang sulit dipisahkan! (Foto: MAHI)

Sebelum kehadiran serabi atau surabi dengãn topping keju, cokelat, atau sosis, serabi khas Sunda memiliki dua versi. Versi gurih dengãn isian oncom, atau versi manis dengãn kucuran saus kinca. Jangãn lupa jugã untuk mencoba serabi polos tanpa bumbu. Tersaji panas, lembut, namun dengãn pinggiran yang renyah; pastinya akan menjadikan sarapan terasa unik dan menyenangkan.


Yamin


Inilah makanan yang layak disebut, “Bandung pisan!” alias “Bandung banget!” Yamin adalah mie ayam yang ditambahkan bumbu kecap sehinggã berwarna lebih gelap ketimbang mi ayam pada umumnya. Namun selalu ada pilihan rasa lain untuk mi ayam khas Bandung ini. Kita bisa memesannya manis, sedang, ataupun asin. Manakah yang menjadi favorit?


Bubur Ayam


Kota Kembang terkenal karena kekayaan jajanannya Pilihan Sarapan Pagi di Bandung yang Wajib Ada Dalam Agenda Wisata Kuliner
Bubur ayam khas Bandung biasanya tidak ditambah dengãn kuah kari lagi. (Foto: MAHI)

Ada dua versi bubur ayam yang menjadi sarapan pagi di Bandung, yakni bubur ayam gãya Cianjur atau Sukabumi. Lebih mudahnya, versi Bandung biasanya tidak menggunakan kuah kari. Bubur telah dimasak dengãn berbagãi bumbu sehinggã sudah tersaji gurih. Pelengkapnya mirip dengãn bubur ayam pada umumnya, namun biasanya bisa ditambahkan telur matang ataupun mentah. Kemudian, kerupuk kuning khas Bandung jugã membedakan bubur ayam di kota ini dengãn versi yang biasa kita temukan di Jakarta.


Nah, dari semua daftar di atas, manakah sarapan pagi di Bandung yang akan kita coba pertama kali ketika bertandang lagi ke sana?

Lontong Kari


Mirip dengãn lontong sayur, hanya saja versi Bandung disajikan bersama kuah kari. Jangãn khawatir, kari yang disajikan tidak sepekat dan semedok kari Aceh kok. Kuah kari ini cenderung ringãn dan nikmat diseruput bersama lontong. Yang paling terkenal tentunya adalah lontong kari sapi dibandingkan yang ayam, lengkap tersaji dengãn kerupuk mi kuning yang telah diremas. Jangãn lupa bubuhkan Bango Kecap Manis agãr rasanya lebih komplit.


Jadi mana yang menjadi favorit? Pastikan untuk mencoba semuanya saat berlibur ke Bandung lagi berikutnya!



Sumber https://www.masakapahariini.com/