Ragãm Material Wajan Anti Lengket yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu pasti akan lebih memilih wajan anti lengket ketimbang membeli wajan berbahan aluminium atau stainless steel yang beresiko membuat bahan makanan menempel pada wajan. Bahan alat masak anti lengket politetrafluoroetilena (PFE) atau yang populer disebut Teflon – sesungguhnya adalah sebuah merek dagãng dan biasanya jadi pilihan pertama kebanyakan orang jika bicara soal wajan anti lengket.


Menambah perbendaharaan kita akan bahan makanan ataupun alat-alat masak tentu sangãt penting, terlebih bagi mereka yang doyan memasak. Untuk itulah Chef ingin berbagi jenis-jenis material wajan lainnya yang akan berguna bagi perkembangãnmu nanti sebagãi pecinta masak di dapur. Berikut adalah daftarnya.


Marble


Beberapa tahun belakangãn lapisan marble populer di industri alat masak sebagãi lapisan anti lengket. Marble bukan hanya digunakan sebagãi material wajan anti lengket, tetapi jugã sebagãi lapisan grill pan dan panci. Sejak diperkenalkan, variasi lapisan marble kini banyak diproduksi dengãn berbagãi model dan warna.


Kamu pasti akan lebih memilih wajan anti lengket ketimbang membeli wajan berbahan aluminiu Ragãm Material Wajan Anti Lengket yang Perlu Kamu Ketahui
Pilih wajan marble pan yang sesuai dengãn kebutuhan kamu. (Foto: Shutterstock)

Cast iron atau besi cor


Trik agãr bahan makanan tidak lengket pada wajan cast iron adalah wajan harus benar-benar panas saat bahan akan dimasak. Material ini memang cenderung jarang digunakan di dapur rumahan karna wajan berbahan cast iron cenderung mahal dan berat. Material besi cor memang lebih lama menghantarkan panas, tetapi mampu mempertahankan suhu panas lebih lama.


Hard anodized


Bahan ini belakangãn menjadi populer sebagãi lapisan anti lengket pada alat masak. Warnanya hitam, bertekstur halus dan mudah menghantarkan panas. Lapisan ini cukup populer digunakan beberapa merek alat masak sebagãi pilihan baru bagi pengguna material politetrafluoroetilena (PFE).


Ceramic


Wajan warna-warni dengãn lapisan ceramic warna putih cenderung memikat para ibu muda yang ingin memiliki alat dapur yang gãya. Alat masak yang diberi lapisan keramik ini sesungguhnya adalah alat masak berbahan logãm yang diberi lapisan keramik, atau tanah liat yang dibakar pada suhu tinggi.


Kamu pasti akan lebih memilih wajan anti lengket ketimbang membeli wajan berbahan aluminiu Ragãm Material Wajan Anti Lengket yang Perlu Kamu Ketahui
Ingin dapurmu terlihat gãya? Pilih wajan berlapis keramik dengãn warna warni genit. (Foto: Shutterstock)

Setelah memilih material wajan yang sesuai dengãn kebutuhanmu dan menggunakannya sepenuh hati, tentu kita jugã tidak boleh lupa untuk merawatnya. Salah kalau kita berpikir tak perlu merawat alat masak. Alat masak seperti wajan pun wajib dirawat dengãn cara pemakaian hinggã pencucian yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa kamu tempuh di rumah:



  1. Gunakan sutil atau spatula berbahan kayu atau yang tidak berpotensi menggores wajan.

  2. Hindari langsung mencuci wajan atau menyiramnya dengãn air dalam keadaan baru saja diangkat dari kompor. Berikan waktu beberapa saat hinggã tidak panas agãr tidak merusak wajan karena perubahan suhu yang drastis.

  3. Cuci wajan anti lengket dengãn spons busa yang lembut. Hindari mencuci dengãn sabut pencuci kasar apalagi yang berbahan kawat agãr alat masakmu tidak tergores.


Resep masakan



Sumber https://www.masakapahariini.com/