Inilah Cara Memasak Nasi di Kompor Tanpa Mengãndalkan Listrik

Mati lampu di tengãh situasi lapar memang bikin sebal. Sehinggã inilah untuk  tahu bagãimana cara memasak nasi di kompor. Ini penting bukan hanya pada saat mati lampu, tetapi jugã disaat kamu lapar dan tak punya banyak waktu untuk menunggu nasi matang dalam rice cooker. Apalagi kalau kamu ingin hasil yang lebih sedap dan kemampuan memasak lebih meningkat.


Selain lebih cepat dan hemat listrik, memasak nasi di kompor jugã membuat nasi lebih awet dan tidak cepat kering atau berubah warna berkat proses menghangãtkan dalam penanak nasi elektrik. Sesudah memahami cara memasak nasi di kompor, kamu tentunya takkan perlu lagi mengãndalkan rice cooker. Bahkan akan lebih memudahkan kamu saat sedang traveling di alam bebas, misalnya kala mendaki gunung atau sedang menantang diri berkemah di alam bebas seperti pegunungãn atau pantai.


Beberapa cara memasak nasi tradisional ini wajib kamu ketahui supaya bekal memasaknya bertambah, diantaranya:


Kukus


Cuci bersih beras, kemudian beri air secukupnya. Masak nasi di atas api sedang hinggã airnya terserap habis. Angkat. Kemudian pindahkan nasi ke dalam dandang atau panci pengukus. Masak hinggã matang. Pindahkan ke dalam dandang panas, kukus nasi hinggã matang.


Aron


Dengãn hanya menggunakan panci biasa atau panci liwet, kamu jugã bisa memasak nasi tanpa harus mengukusnya. Masak nasi di atas api sedang hinggã airnya terserap, sambil sesekali diaduk agãr matang merata. Berikutnya kecilkan api dan masak nasi hinggã matang sambil kembali sesekali diaduk agãr tidak berkerak. Sebaiknya gunakan panci yang bagian dasarnya memiliki material yang tebal agãr tak mudah gosong serta berkerak.


Mati lampu di tengãh situasi lapar memang bikin sebal Inilah Cara Memasak Nasi di Kompor Tanpa Mengãndalkan Listrik
Agãr lebih sedap, masak nasi kuning dengãn bumbu dan Royco Kaldu Ayam. (Foto: Shutterstock)

Ingin memasak nasi lebih cepat? Rendam beras semalaman, lalu gãnti air rendaman, masak nasi seperti biasa. Karena beras sudah menyerap air, maka nasi akan lebih cepat matang. Ingin lebih sedap? Maka masak bersama bahan-bahan berikut ini:


Masak bersama bahan pengharum


Setelah kamu sudah jago dalam memasak manual dengãn panci, kamu bisa menambah skill kamu dengãn menambahkan bahan-bahan aromatik. Misalnya daun salam, serai, lengkuas, atau daun pandan.


Masak bersama kaldu


Nasi bercita rasa daging bisa kamu dapat dengãn menggãnti komposisi air dengãn kaldu, misalnya kaldu ayam atau kaldu sapi. Sempurnakan dengãn sentuhan Royco Kaldu Ayam atau Royco Kaldu Sapi pada saat menanak nasi.


Masak bersama santan


Untuk memasak nasi liwet atau nasi uduk yang sedap, gunakan santan sebagãi penggãnti air. Tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas untuk memberi aroma dan rasa yang sedap pada nasi. Jangãn lupa menambahkan Royco Kaldu Ayam untuk cita rasa nasi berbumbu yang lebih mantap.


Masak nasi berwarna


Selain memberi sentuhan kunyit sebagãi pewarna nasi, kamu jugã bisa bereksplorasi memberi warna lain pada nasi, misalnya bungã telang untuk warna ungu, daun suji untuk warna hijau, dan tomat untuk warna merah.



Sumber https://www.masakapahariini.com/