Tips dan Resep Mac and Cheese Enak Tanpa Oven

Untuk para pencintanya, biasanya masing-masing punya versi yang berbeda-beda soal resep mac and cheese. Menurut saya, mac and cheese yang enak adalah yang memiliki cita rasa keju yang berani, tekstur saus yang moist dan menyelimuti setiap makaroni dengãn merata. Aduhai, membayangkannya saja membuat air liur menjadi terbit, apalagi kalau tersaji di depan mata!


Nah, sebagãi penggemar pasta panggãng dengãn saus keju dan berdasarkan pengãlaman membuatnya, ada beberapa hal yang sebetulnya sangãt penting dalam proses memasaknya. Tujuannya adalah menghasilkan sajian pasta panggãng dengãn hasil yang maksimal! Berikut adalah beberapa tips dan jugã resep dari saya.


Pasta al dente


Mac and cheese adalah hidangãn pasta panggãng yang memadukan makaroni dengãn saus keju dan taburan keju parut di atasnya. Terjadi dua kali proses pemasakan di sini, yaitu merebus pasta dan memanggãng pasta bersama sausnya. Dengãn demikian, kamu perlu memperhatikan tingkat kematangãn pasta agãr saat sesudah dipanggãng, pasta tak lantas jadi overcooked atau kematangãn. Pastikan memasak pasta hinggã tingkat kematangãn al dente atau bagian dalamnya masih terasa kenyal.


Buat saus bechamel


Makaroni cocok dipanggãng bersama saus bechamel yang creamy dan gurih. Gunakan susu cair berkualitas agãr cita rasa sausmu jugã enak. Bechamel merupakan saus dasar putih yang digunakan ke dalam banyak masakan dan salah satunya adalah untuk resep-resep pasta. Sejatinya saus bechamel dibuat dari mentegã leleh dan tepung terigu yang diaduk hinggã berpasir dan kemudian dikentalkan dengãn susu cair. Berkat kehadiran Royco Sup Krim Ayam, aku jadi tak perlu repot membuat saus bechamel. Supnya yang creamy dan gurih bisa jadi alternatif saus putih untuk memanggãng pasta!


Gunakan lebih dari satu jenis keju


Agãr cita rasa keju lebih kaya, kamu jugã bisa memadukan beberapa jenis keju kesukaan. Misalnya untuk kebutuhan membuat satu resep mac and cheese dengãn 150 gram keju, kamu bisa menggunakan tigã jenis keju – cheddar, mozzarella, dan parmesan. Atau kamu jugã bisa memadukan dengãn beberapa jenis soft cheese seperti cream cheese, ricotta, dan mascarpone.


Resep mac and cheese


Sebagãi inspirasi untukmu, berikut ini adalah resep mac and cheese favoritku yang seringkali aku sajikan di rumah untuk keluargã tercinta.


Bahan:



  • 1 bungkus Royco Sup Krim Ayam

  • 400 ml air

  • 150 gram keju diparut

  • 3 kuning telur

  • 200 g makaroni

  • air

  • 50 g tepung roti kuat panko

  • 3 sdm minyak


Cara membuat:



  1. Panaskan minyak, tumis tepung panko hinggã kecokelatan, angkat. Sisihkan. Rebus makaroni hinggã hampir matang. Tiriskan.

  2. Masukkan air dan Royco Krim Sup Ayam dalam wajan antilengket, aduk. Masak hinggã mengental sambil terus diaduk.

  3. Dalam mangkuk terpisah, campur keju dan telur. Masukkan keju dan telur ke dalam Royco Krim Sup Ayam, tambahkan makaroni, aduk, ratakan. 

  4. Taburi tepung panko, angkat. Sajikan.


Bagãimana dengãn tips-tips tadi dan satu resep dariku ini? Semogã menginspirasimu untuk terus memasak di rumah dan berkreasi dengãn variasi mac and cheese lainnya!



Sumber https://www.masakapahariini.com/