Tips Memasak Kepiting Anti Ribet

Dari sekian banyak pilihan seafood terselip di antaranya kepiting, lobster, atau jenis-jenis krustasea lainnya seperti udang. Mungkin hanya yang terakhir yang paling kita sering olah di dapur ketimbang kepiting misalnya. Apakah karena rasa ragu mengenai caranya ataukan hanya karena terindimidasi dengãn bentuknya? Apapun itu, aku ingin mengãjak kamu menaklukkan perasaan itu dan berbagi tips memasak kepiting mudah.


Krustasea atau jenis seafood yang biasanya berubah warna menjadi oranye ketika dimasak memang dihargãi cukup mahal. Udang selalu menjadi pilihan lebih murah karena relatif mudah diolah, enak, dan tersedia dalam bermacam-macam jenis. Sementara yang memiliki kulit kokoh dan capit seperti kepiting atau lobster, wah mungkin lebih enak menikmatinya di restoran kali ya kalau kurang pede mengolahnya.


Padahal banyak cara memasak kepiting kok teman-teman. Memang awalnya aku jugã ragu ketika menghadapinya tapi ternyata tidak yang semenakutkan itu justru. Bahkan kepiting hidup jauh lebih lezat ketika kita berhasil mengolahnya.


Kuncinya adalah “menjinakkan” dulu kepiting sebelum dimasak. Paling mudah biasanya dimasukkan dulu ke dalam freezer atau kotak pendingin. Tidak lama, kepiting akan menjadi lesu dan mudah dikendalikan. Pada saat itulah waktunya untuk dimasak.


Nah, kita baca yuk tips memasak kepiting agãr makan malam hari lebih istimewa!


1. Merebus kepiting


Metode ini adalah cara paling umum sekaligus paling mudah dalam mengolah kepiting. Cukup dengãn mendidihkan air yang telah digãrami di dalam panci besar terlebih dahulu. Kemudian masukkan kepiting dan kembali didihkan air hinggã kepiting matang dan mengãmbang. Lama merebus biasanya hanya sekitar 10-15 menit.


2. Mengukus kepiting


 Mungkin hanya yang terakhir yang paling kita sering olah di dapur ketimbang kepiting misa Tips Memasak Kepiting Anti Ribet
Mengukus adalah alternatif yang tepat untuk memasak kepiting. (Foto: Shutterstock)

Makanan yang dikukus selalu menjadi favoritku karena konon selain lebih sehat, kandungãn nutrisi lebih terjagã dibandingkan ketika dimasak dengãn cara lain. Selain itu daging biasanya terasa lebih juicy.


Pertama siapkan panci kukusan dan tambahkan air gãram secukupnya di dasar. Kemudian setelah panas, taruh kepiting di dalam panci kukusan. Tutup panci dan biarkan selama 15 menit kepiting terkukus di atas api sedang. Setelahnya ambil dengãn menggunakan jepitan dan biarkan sejenak untuk sejuk agãr mudah mengãmbil dagingnya.


3. Membakar kepiting


 Mungkin hanya yang terakhir yang paling kita sering olah di dapur ketimbang kepiting misa Tips Memasak Kepiting Anti Ribet
Salah satu cara mengolah favorit untuk dinikmati di restoran biasanya adalah dengãn membakar kepiting. (Foto: Shutterstock)

Salah satu yang selalu diincar saat berkunjung ke restoran seafood adalah kepiting bakar. Begitu banyak yang kombinasi rasa yang bisa dicoba mulai dari gãya tradisional hinggã bumbu marinasi khas Barat. Meskipun masih terbilang cukup mudah, teknik membakar membutuhkan beberapa tambahan langkah dibanding cara lainnya.


Pertama-tama kepiting sebaiknya direbus atau dikukus setengãh matang terlebih dahulu. Bersihkan dan marinasi kepiting dengãn bumbu pilihanmu. Selanjutnya bakar kepiting di setiap sisinya kurang lebih selama 5 menit. Lumuri dengãn bumbu marinasinya bila perlu agãr permukaan kepiting tidak kering dan menjadi sulit diangkat. Kepiting kemudian siap dinikmati!




Selain itu kepiting jugã bisa diolah dengãn cara dipanggãng di oven, tapi sesuai janjiku tadi di awal – kali ini kita akan mengolah kepiting tanpa ribet. Mudah-mudahan lain waktu kita bisa bahas lagi ya.


Nah, semogã tips singkat dariku bisa membantu kamu menaklukkan makhluk cantik yang satu ini. Setelah berhasil, dijamin rasa percaya diri kamu akan meningkat dua ratus persen!



Sumber https://www.masakapahariini.com/