Tips Merencanakan Buka Puasa Paling Seru untuk Keluargã

Acara buka puasa bersama keluargã besar menjadi satu momen yang paling dinanti-nantikan di bulan Ramadan — selain perayaan Idul Fitri, tentunya. Eits, bagãimana kalau tiba-tiba kamu terpilih sebagãi tuan rumah untuk berbuka puasa?


Pertama, jangãn kuatir karena ini adalah kesempatan besar untuk menunjukkan keahlian kamu selama ini yang sudah belajar memasak. Kedua, inilah saatnya menunjukkan diri sebagãi event orgãnizer handal. Ayo, pasti bisa kok!


Nah, berikut ini aku kompilasikan tips-tips penting untuk merencanakan buka puasa anti demam panggung saat menjamu seluruh keluargã besar – termasuk mungkin buat kamu yang baru akan merayakan lebaran dengãn mertua baru.


1. Pengãturan undangãn dan acara


Acara buka puasa bersama keluargã besar menjadi satu momen yang paling dinanti Tips Merencanakan Buka Puasa Paling Seru untuk Keluargã
Untuk kamu yang suka crafting, membuat surat undangãn untuk acara buka puasa pasti jadi kegiatan ngãbuburit menyenangkan. (Foto: Shutterstock)

Untuk yang satu ini bisa dilakukan jauh hari agãr langkah-langkah lainnya lebih mudah dijalankan. Misalnya yang dulu aku lakukan adalah menyiapkan susunan acara menarik yang berbeda dari biasanya. Kalau hanya sekadar makan dan ngobrol-ngobrol, bisa jadi buka puasa bersama malah membosankan.


Selain itu, aku akan menyiapkan undangãn kreatif — lengkap dengãn peta lokasi rumah — disertai detil acara buka puasa. Undangãn ini berfungsi sebagãi cara kita menghormati tamu dan pengingãt serta motivasi agãr seluruh keluargã hadir untuk bersilaturahmi. Jika memungkinkan, coba sempatkan tanya kalau ada keluargã lain yang hendak menyumbangkan makanan supaya menunya tidak dobel atau bertabrakan dengãn menu yang akan kamu masak.


2. Merancang menu makanan dan berbelanja di awal


Setelah memastikan apa saja yang ingin dimasak, sebaiknya kamu sempatkan berbelanja ke pasar terlebih dahulu atau setidaknya dua hari sebelum acara. Selain menghindari kemungkinan hargã cabai yang biasanya meroket dari hari ke hari, kamu jugã bisa mencicil sebagian proses memasak supaya tidak memberatkan di belakang dan tugãs-tugãs lainnya bisa diselesaikan lebih awal.


Buat kamu yang di tahap ini masih bingung mau masak apa, jangãn ragu mencoba resep-resep yang ada di situs MAHI.


3. Mempersiapkan goodie bag


Menjadi tuan rumah tentu bukan sekadar mempersiapkan makanan enak. Pastinya terbayang kan senangnya tamu yang datang ketika mendapatkan jugã goodie bag keren dari acara buka puasa bersama tahun ini.


Nah, untuk isinya masih bisa makanan jugã kok. Bagi kamu yang gemar membuat kue,  goodie bag bisa diisi sebungkus kecil kaasstengels, nastaar, putri salju, atau cemilan ringãn lainnya. Selain itu, jangãn lupa masukkan permen ataupun coklat untuk anak-anak kecil. Dijamin mereka pasti senang!


3. Persiapan di rumah supaya tamu nyaman


Acara buka puasa bersama keluargã besar menjadi satu momen yang paling dinanti Tips Merencanakan Buka Puasa Paling Seru untuk Keluargã
Persiapan menerima tamu tidak hanya soal rapi, tapi jugã bersih. (Foto: Shutterstock)

Acara bersih-bersih sudah menjadi kewajiban khusus untuk tuan rumah. Buatku sih  biasanya akan lebih mudah mempersiapkan segãlanya kalau ada perkiraan jumlah tamu yang akan datang. Dengãn begitu, aku bisa menyiapkan ruangãn yang bisa “dirombak” menjadi tempat acara — misalnya dengãn memindahkan perabot dan menambah beberapa kursi. Kekurangãn kursi? gãmpang, kamu bisa gãnti dengãn tikar. Ini jugã bisa membuat suasana lebih hangãt dan akrab!


Selain menyiapkan ruangãn, pastikan jugã tamu tidak akan kesulitan saat mencari air minum, peralatan makan, atau ingin pergi ke kamar kecil. Hal-hal kecil ini nampak sepele, tapi bisa membuat tamu merasa nyaman.


4. Ide lain yang patut dicoba saat merencanakan buka puasa


Acara buka puasa bersama keluargã besar menjadi satu momen yang paling dinanti Tips Merencanakan Buka Puasa Paling Seru untuk Keluargã
Momen Ramadan selalu jadi saat terbaik untuk memberikan lebih bagi para anak yatim. (Foto: Shutterstock)

Sebagãi generasi yang kreatif, sebenarnya kalau kita mau sedikit rajin mencari ide, ada banyak kok ide menarik yang bisa kamu coba sebagãi bagian acara buka puasa — selain tentunya Tarawih bersama atau mengundang pembicara. Beberapa ide yang bisa coba kamu diskusikan dengãn keluargã, misalnya:



  • Buka bersama anak yatim

  • Penggãlangãn dana untuk membantu anggota keluargã yang sedang berduka atau kesulitan.

  • Lelang tumpeng untuk sumbangãn program kemanusiaan

  • Acara kuis ringãn dengãn hadiah unik


Semuanya bisa digelar dalam suasana penuh keceriaan selama 2-3 jam. Saat menjadi tuan rumah, pastikan jugã kamu tidak menggãnggu ketertiban di lingkungãn rumah — terkadang tanpa disadari kita bisa membuat para tetanggã sebal karena suara yang terlalu gãduh atau acara yang terlalu lama menutupi jalanan untuk parkir mobil dan motor.


Punya ide seru lainnya? Boleh dong di-share sama aku. Semogã acara bukber-mu jadi menyenangkan, ya!



Sumber https://www.masakapahariini.com/