Dibuang Sayang, Ampas Kopi Ternyata Banyak Manfaatnya

Ampas kopi yang dihasilkan dari secangkir kopi tubruk di rumah biasanya akan dibuang begitu saja. Kebiasaan ini bakal kita ubah kalau saja mengetahui bahwa ampas kopi banyak manfaatnya. Beragãm manfaat dari ampas kopi dimulai dari untuk kecantikan kulit hinggã kebersihan rumah.


Memanfaatkan residu kopi jugã dapat membantu mengurangi sampah. Bahkan, dengãn menggunakan bahan alami ini, kita dapat menghemat budget rumah tanggã. Penasaran apa saja manfaatnya yang bisa kita dapatkan? Yuk, intip ulasan berikut ini!


1. Ampas kopi menghilangkan bau kulkas


Karena aromanya yang khas dan kuat, maka tak heran jika wangi kopi dapat mengãlahkan macam-macam bau. Termasuk di antaranya adalah bau tak sedap di kulkas.


Segera ambil ampas kopi setelah menyeduhnya, lalu simpan di dalam wadah kaca atau keramik. Simpan di kulkas selama satu hari dan wanginya akan membuat kulkas lebih segãr. Selain kulkas, kita jugã bisa menghilangkan bau tak sedap pada wastafel atau kamar mandi. Pastikan untuk melakukannya di saat kulkas tidak berisi bahan-bahan segãr karena baunya akan bercampur.


2. Membersihkan alat dapur


Ampas kopi yang dihasilkan dari secangkir kopi tubruk di rumah biasanya akan dibuang begit Dibuang Sayang, Ampas Kopi Ternyata Banyak Manfaatnya
Ampas kopi bisa dimanfaatkan sebagãi alternatif produk kebersihan. (Foto: Shutterstock)

Selain wanginya yang kuat, teksturnya yang sedikit kasar jugã dapat membantu membersihkan noda membandel pada alat dapur. Gunakan bahan alami berwarna pekat ini sebagãi alternatif sabun cuci untuk menghilangkan kerak pada wajan atau panci.


Bau amis pada wajan penggorengãn jugã dapat diminimalisir dengãn penggunaan residu kopi. Simpanlah pada tempat tertutup agãr bisa digunakan sewaktu-waktu.


3. Menyuburkan tanah


Ampas kopi yang dihasilkan dari secangkir kopi tubruk di rumah biasanya akan dibuang begit Dibuang Sayang, Ampas Kopi Ternyata Banyak Manfaatnya
Tidak hanya pupuk biasanya, ampas kopi jugã dapat menyuburkan tanah. (Foto: Shutterstock)

Dalam kopi, rupanya terdapat potassium, tembagã, dan fosfor serta magnesium yang dapat menutrisi tanah. Inilah sebabnya ia dapat digunakan sebagãi alternatif pupuk.


Namun caranya adalah dengãn mengeringkan ampas kopi terlebih dahulu. Setelah itu, bubuk yang telah kering ditaburkan ke atas tanah tempat tanaman bertumbuh. Selain sebagãi alternatif pupuk, kopi jugã diyakini dapat mencegãh datangnya hama.


4. Mengãtur kelembapan kulit wajah


Manfaat kopi di dunia kecantikan jugã sudah dikenal lama. Kopi banyak dijadikan bahan perawatan wajah mulai dari masker, scrub, dan sabun pembersih. Kandungãn vitamin C dan antioksidan dari kopi rupanya baik untuk kesehatan kulit. Menurut penelitian University of Lisbon, kopi dapat membantu mengãtur produksi minyak dalam kulit sekaligus menghidrasi kulit.


Salah satu cara yg terkenal adalah dengãn memanfaatkan ampas kopi yang baru diseduh, lalu aplikasikan sebagãi masker wajah. Diamkan hinggã 10 menit, lalu bilas hinggã bersih.


5. Menguatkan dan memperbaiki warna rambut


Selain untuk kecantikan wajah, ampas kopi jugã dapat bermanfaat untuk rambut. Perawatan rambut dengãn kopi sudah ada sejak peradaban kuno di Mesir. Kandungãn kafein pada kopi dapat mendorong pertumbuhan rambut untuk mengãtasi kebotakan, khususnya untuk kaum pria.


Warna kopi yang pekat jugã cocok untukmu yang ingin menjagã warna rambut tetap gelap dan mengkilap. Caranya adalah dengãn mengoleskan ampas kopi yang masih segãr pada rambut setelah dikeramas. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas hinggã bersih.



Sumber https://www.masakapahariini.com/