8 Teknik Memasak yang Digunakan Para Chef Profesional dan Penting untuk Jugã Kamu Kuasai

Teknik memasak apa yang sering kamu aplikasikan di dapur? Menggoreng, atau merebus? Ada banyak lho teknik yang bisa digunakan untuk mengolah masakan. Para chef profesional menggunakan istilah khusus untuk menamainya. Setiap teknik memiliki perbedaan yang cukup detail. Contohnya saja, teknik merebus yang terbagi menjadi beberapa jenis, seperti simmering dan boiling. Apa ya perbedaannya?


Secara gãris besar, teknik masak terbagi menjadi tigã, yaitu memasak dengãn konveksi air, memasak dengãn konveksi minyak, dan memasak dengãn panas kering (dry heat). Di antara beragãm jenis teknik memasak yang sering digunakan para chef profesional, setidaknya ada 7 teknik masak yang populer dan penting untuk para ibu kuasai di rumah. Apa saja itu?


1. Teknik Memasak Boiling


Teknik memasak yang satu ini sangãt populer. Boiling adalah merebus makanan menggunakan cairan seperti air, kaldu ayam, ataupun santan. Prosesnya dimulai saat air dipanaskan mencapai suhu 100 derajat Celcius. Makanan yang direbus akan cepat matang dalam suhu tersebut. Panas dapat ditambahkan dengãn menutup panci sehinggã uap air tertahan dan menimbulkan panas. Teknik ini sering digunakan untuk memasak sup.


2. Teknik Memasak Simmering


Simmering adalah teknik memasak dengãn cara merebus seperti boiling, tapi dengãn suhu yang dijagã agãr tetap stabil di bawah 100C dan di atas suhu poaching. Caranya adalah dengãn mengecilkan api ketika air mulai mendidih. Biasanya teknik ini dilakukan untuk mendapatkan saripati seperti kaldu dari potongãn tulang daging.


3. Teknik Memasak Poaching


Teknik memasak apa yang sering kamu aplikasikan di dapur 8 Teknik Memasak yang Digunakan Para Chef Profesional dan Penting untuk Jugã Kamu Kuasai
Poached egg kini semakin terkenal di Indonesia, meskipun cara memasaknya cukup menantang. (Foto: Shutterstock)

Mirip dengãn boiling, poaching adalah teknik merebus dengãn volume air yang tidak terlalu penuh hanya setinggi makanan yang direbus saja. Proses poaching berjalan lebih lambat karena membutuhkan suhu yang lebih rendah yakni 92 – 96 derajat celcius. Contoh makanan yang dimasak dengãn teknik poaching adalah poached egg dan berbagãi protein lainnya. Banyak pula cara memasak telur dengãn gãya modern lainnya.


4. Teknik Memasak Braising


Braising jugã merupakan teknik masak yang cukup populer digunakan oleh chef profesional. Ini adalah teknik memasak makanan dengãn sedikit air mendidih. Bedanya, sebelum mematangkan makanan dengãn air rebusan, makanan harus diolah terlebih dahulu. Biasanya para chef membakar atau memanggãng bahan masakan terlebih dahulu hinggã warnanya kecokelatan lalu dibumbui atau dimarinasi. Baru kemudian dimasak kembali menggunakan sedikit air dalam wajan yang tertutup sehinggã bumbu meresap sempurna.


5. Teknik Memasak Steaming


Teknik memasak apa yang sering kamu aplikasikan di dapur 8 Teknik Memasak yang Digunakan Para Chef Profesional dan Penting untuk Jugã Kamu Kuasai
Steaming sayuran semakin digemari karena sehat dan menjagã kandungãn nutrisinya. (Foto: Shutterstock)

Istilah steaming tentu sudah tidak asing di telingã kita. Ya, steaming adalah teknik mengukus makanan. Steaming menggunakan uap air panas untuk mematangkan makanan tanpa ada sentuhan langsung dengãn air. Teknik ini banyak digunakan untuk membuat kue atau pangãnan seperti dim sum.


6. Teknik Memasak Sautéing


Sauté adalah proses menggoreng makanan dengãn sedikit minyak. Biasanya sautéing menggunakan wajan datar. Dibutuhkan suhu yang sangãt panas untuk menyempurnakan proses ini. Biasanya makanan harus dimarinasi terlebih dahulu sebelum dimasak dengãn teknik ini. Proses penggorengãn jugã cukup sebentar, hanya sampai makanan berubah sampai kecokelatan.


7. Teknik Memasak Deep Frying


Berbeda dengãn sauté, deep frying memerlukan minyak yang banyak dengãn bentuk wajan yang lebih dalam. Sebelum memasukkan makanan, pastikan minyak sudah benar-benar panas. Biasanya, teknik makanan ini digunakan untuk makanan yang memerlukan kematangãn yang rata seperti kentang goreng.


8. Teknik Memasak Baking


Teknik memasak apa yang sering kamu aplikasikan di dapur 8 Teknik Memasak yang Digunakan Para Chef Profesional dan Penting untuk Jugã Kamu Kuasai
Membuat kue alias baking kini menjadi semakin populer di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Selain memasak dengãn air dan minyak, ada pula teknik memasak dengãn hanya menggunakan energi panas. Salah satu cara yang kita kenal adalah dengãn menggunakan oven. Baking adalah salah satu teknik masak yang menggunakan energi panas dan sangãt populer digunakan untuk membuat kue.




Yuk, kenali jugã lebih spesifik soal beragãm cara memasak di atas tadi! Misalnya seperti caramemasak deep frying dengãn hasil sempurna yang bisa kamu terapkan misalnya untuk membuat donat kentang.



Sumber https://www.masakapahariini.com/