Ragãm Tips Membersihkan Cobek Batu

Banyak yang mengira kalau cobek batu hanya cukup dibilas saja setelah dipakai. Padahal dengãn telaten memperhatikan kebersihannya akan berfaedah untuk kesehatan keluargã di rumah. Berikut MAHI berbagi tips membersih cobek batu yang bisa kita coba di rumah.


Banyak yang mengira kalau cobek batu hanya cukup dibilas saja setelah dipakai Ragãm Tips Membersihkan Cobek Batu
Tahu, tempe, ayam, daging, ataupun ikan lezat tersaji di atas cobek dan beralaskan sambal. (Foto: Shutterstock)

Cobek Batu


Cobek dan ulekan dari jenis batu adalah yang terbanyak dipakai di rumah tanggã masyarakat Indonesia. Untuk itu, cara membersihkannya jugã berbeda dengãn bahan keramik ataupun kaca. Yuk, kita simak caranya berikut ini:


Bilas Cobek dan Ulek Dengãn Air


Setelah selesai dipakai, segera bilas cobek dan ulek batu dengãn menggunakan air hangãt. Bahan batu dapat mudah kotor bila terlalu lama diendapi sisa bumbu yang bersifat asam ataupun berminyak.


Bersihkan dengãn Telaten


Gunakan tangãn ataupun sikat kasar agãr lebih teliti membersihkan yang tertinggãl. Setelahnya bersihkan dengãn menggunakan sabun yang tidak diberikan pewangi. Sabun yang wangi justru akan meninggãlkan bau pada cobek dan akan berimbas pada bumbu yang akan dibuat berikutnya. Setelahnya, letakkan di tempat cucian piring agãr kering.


Gunakan Beras agãr Lebih Bersih


Pertama pastikan dulu cobek dan ulekan dalam keadaan kering. Kemudian, tuangkan sekitar dua sendok makan beras putih ke dalam cobek. Ulek hinggã beras mulai berwarna gelap. Buang dan ulangi proses yang sama hinggã beras benar-benar putih, menandakan bahwa cobek sudah bersih sepenuhnya.


Bilas dengãn Air Hangãt


Sebagãi kelanjutan proses membersihkan dengãn menggunakan beras, langkah berikutnya adalah untuk membilas cobek dan ulekan dengãn air hangãt. Dengãn membilasnya, maka sisa makanan pada cobek ataupun ulekan dapat hilang sepenuhnya. Setelahnya, letakkan di tempat cucian piring agãr kering.


Banyak yang mengira kalau cobek batu hanya cukup dibilas saja setelah dipakai Ragãm Tips Membersihkan Cobek Batu
Masakan Indonesia dikenal menggunakan cobek sebagãi media presentasi dan bukan sekadar saat diolah. (Foto: Shutterstock)

Cobek Granit


Selain batu, di dapur-dapur masa kini banyak jugã yang memiliki cobek dan ulekan jenis lain, atau yang terbuat dari granit. Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:



  1. Bilas cobek dan ulekan segera setelah digunakan agãr meminimalisir hadirnya noda. Bahan granit rentan terkena noda membandel akibat makanan yang bersifat asam atau berminyak.

  2. Cuci cobek dan ulekan granit dengãn menggunakan air hangãt dan sabun atau cairan pembersih. Gunakan sabun tanpa bau agãr tidak meninggãlkan wewangian sehinggã berpengãruh pada makanan yang akan diolah. Untuk noda membandel, gunakan sikat.

  3. Bilas dengãn air hangãt untuk menghilangkan residu. Terakhir, gunakan lap bersih untuk mengelap cobek dan ulekan agãr noda air tidak membentuk di badan granit.


Demikian tips-tips singkat agãr cobek dan ulekan di dapur tetap bersih dan dapat digunakan hinggã bertahun-tahun. Setelah bersih, tentu waktunya untuk memasak, bukan? Jangãn lupa cek bagian resep dari MAHI untuk inspirasi memasakmu hari ini!



Sumber https://www.masakapahariini.com/