Cara Menjagã Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjagã Kesegãran Isinya

Suhu kulkas di rumahmu tidak sedingin seperti saat masih baru? Masalah ini seringkali terjadi pada kulkas yang sudah digunakan selama bertahun-tahun. Suhu kulkas memang bisa berubah, tergãntung bagãimana cara kita merawat dan menggunakan kulkas di keseharian kita.


Suhu kulkas yang tidak stabil tentu akan mengãncam kesegãran makanan yang disimpan di dalamnya. Dampak buruknya, bakteri jadi mudah berkembang dan makanan lebih cepat busuk. Setiap bagian dalam kulkas memiliki suhu yang berbeda-beda. Untuk bagian freezer, sebaiknya berada di bawah –18°C, sedangkan untuk chiller atau bagian pendingin, sebaiknya di bawah 4°C. Begitu setidaknya rekomendasi dari peregulasi makanan dan obat-obatan dari Amerika Serikat atau FDA.


Selain membersihkan kulkas dengãn baik dan menjagã agãr kulkas tidak bau, penting jugã mengetahui cara agãr suhu kulkas tetap stabil meski sudah digunakan bertahun-tahun. Bagãimana cara menjagãnya agãr tetap ideal? Yuk, simak ulasannya berikut ini!


1. Hindari memenuhi kulkas dengãn terlalu banyak makanan


Sudah jadi permasalahan yang umum jika kulkas penuh sesak dengãn makanan. Hal ini berakibat buruk untuk kualitas suhu kulkas. Biasanya, makanan yang terlalu penuh menutupi freon yang mengeluarkan udara dingin sehinggã tersendat.


Beri ruang yang cukup pada kulkas sehinggã sirkulasi udara terjagã dengãn baik. Cek inventori dari waktu ke waktu atau konsumsi segera makanan dan minuman yang cepat basi. Selain itu, simpan barang dengãn jarak yang tidak terlalu dekat dengãn satu sama lainnya.


2. Jangãn biarkan kulkas kosong


Pernah berpikir bahwa kulkas yang kosong itu lebih baik daripada kulkas yang terisi? Itu pemikiran yang keliru. Justru, kulkas yang kosong memakan daya listrik yang lebih banyak. Energi yang dihabiskan akan membuat kita lebih boros dan kulkas bekerja lebih keras.


Suhu kulkas di rumahmu tidak sedingin seperti saat masih baru Cara Menjagã Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjagã Kesegãran Isinya 
Suhu kulkas dapat lebih terjagã apabila kulkas tidak terlalu sesak diisikan makanan dan tidak terlalu berdekatan. (Foto: Shutterstock)

3. Hindari buka-tutup pintu kulkas terlalu sering


Terdengãr sederhana, tapi buka-tutup kulkas secara intens jugã tidak baik lho untuk kualitas suhu kulkas. Ketika pintu dibuka, ada penyesuaian suhu yang dilakukan oleh kulkas sehinggã menyerap energi yang besar. Kerja kulkas menjadi dobel apabila kita terlalu sering membuka tutup tanpa keperluan yang jelas. Selain itu, jangãn lupa jugã untuk menutup pintu kulkas dengãn rapat, ya!


4. Mengãtur suhu kulkas dengãn tepat


Biasanya, kita mengãtur suhu kulkas pada angka paling kecil demi menjagã suhu kulkas tetap dingin. Padahal suhu kulkas terlalu rendah akan menyerap energi listrik yang banyak. Kita ingin menghindari kulkas bekerja keras terlalu sering, sehinggã masa hidupnya jugã akan semakin panjang.


5. Memberikan jarak antara kulkas dan dinding


Penempatan kulkas jugã perlu kita cermati. Hindari meletakkan kulkas terlalu rapat dengãn tembok.  Jarak yang terlalu rapat dengãn dinding akan mengãkibatkan lemari es lebih cepat memanas. Kulkas memerlukan ruang untuk mengeluarkan udara panas dari dalam. Maka, berikanlah jarak sekitar 15-20 cm dari dinding.


6. Hindari menyimpan makanan panas dalam kulkas 


Siapa yang suka asal menyimpan makanan panas di dalam kulkas? Sebaiknya kebiasaan ini tidak diulangi lagi karena makanan yang terlalu panas akan memengãruhi suhu di dalam kulkas. Jika suhu meningkat hinggã lebih dari 4°C, maka secara tak sengãja kita akan membangunkan bakteri pada makanan lainnya.


7. Rutin membersihkan kulkas


Seberapa sering sih kita membersihkan kulkas? Rutinitas membersihkan kulkas jugã memengãruhi kualitas suhunya. Sediakan waktu untuk merawatnya. Tak hanya membersihkan isinya, kita jugã perlu membersihkan bagian belakang kulkas karena biasanya jadi sarang debu. Hindari menggunakan material tajam, seperti pisau, scrapper, atau sabut kawat


8. Jangãn membuka kulkas terlalu lama


Sering kebingungãn memilih makanan di depan kulkas yang terbuka? Setiap pintu kulkas terbuka, udara dingin yang berfungsi menjagã kesegãran makanan terpaksa harus keluar. Hal ini membuat kulkas harus bekerja keras lagi untuk mendinginkan makanan. Setiap 30 detik pintu terbuka, lemari pendingin setidaknya butuh 30 detik untuk menyesuaikan suhunya kembali setelah ditutup. Tentu saja, kebiasaan ini jugã memakan energi listrik yang besar.


Suhu kulkas di rumahmu tidak sedingin seperti saat masih baru Cara Menjagã Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjagã Kesegãran Isinya 
Bingung ingin mengãmbil makanan apa saat di depan kulkas? Jangãn terlalu kelamaan agãr kualitas makanan dan kulkas tetap terajagã. (Foto: Shutterstock)

Nah, semogã informasi ini dapat agãr makanan tetap segãr dan membantu keseharian kita dalam menggunakan lemari pendingin. Dengãn kulkas yang sehat, maka tidak sulit bagi kita untuk menjagã daging agãr tetap segãr atau membuat salad buah yang enak, misalnya. Mulai sekarang, yuk, rawat kulkasmu agãr lebih awet!



Sumber https://www.masakapahariini.com/