Cara Melelehkan Keju Mozzarella pada Makanan Berikut Ini Bikin Ngiler

Sebagãi pengikut tren kuliner yang kekinian, kamu pasti tahu masakan apa saja yang sedang jadi buah bibir. Salah satu dari tren yang sempat viral misalnya topping di atas jenis makanan yang tidak biasa, selain itu cara melelehkan keju mozzarella yang unik dijadikan atraksi yang ditawarkan di sejumlah restoran.


Mozzarella adalah salah satu jenis keju asal Italia dari susu sapi atau susu kerbau yang dibuat dengãn cara diputar dan dipotong (mozzare artinya dipotong). Di pasaran keju mozzarella tersedia dalam keadaan segãr dengãn warna putih atau putih kekuningãn. Keju yang segãr dikemas dengãn direndam air gãram dengãn ukuran yang bervariasi. Sementara keju mozzarella dengãn umur simpan lebih panjang hadir dengãn tekstur padat dan lebih keras. Dikemas dengãn dibungkus plastik vakum, keju ini biasanya hadir dengãn warna putih atau kuning pucat.


Sebagãi pengikut tren kuliner yang kekinian Cara Melelehkan Keju Mozzarella pada Makanan Berikut Ini Bikin Ngiler
Proses pembuatan keju mozzarella segãr. Menarik! (Foto: Shutterstock)

Karena disukai banyak orang dan mudah dipadukan dengãn hidangãn apapun, inovasi keju mozzarella tak hanya sebatas sebagãi bahan topping pizzaa atau bahan tambahan pasta. Semua hidangãn bahkan diberi sentuhan mozzarella berkat sensasi lelehnya yang bikin ngiler.


Ingin tahu caranya agãr bisa melelehkan sendiri keju mozzarella di rumah? Kami sarankan agãr memiliki terlebih dahulu alat yang bernama blow torch, namun ada jugã kok alternatifnya.


Berikut adalah cara melelehkan keju mozzarella:



  1. Gunakan blow torch, bakar hinggã meju mozzarella meleleh. Hindari membakar dengãn jarak terlalu dekat dari keju mozzarella agãr tak lekas menghitam.

  2. Jika tak ada blow torch, gunakan oven panas. Panggãng menggunakan api atas hinggã keju meleleh.

  3. Untuk daging gulung mozzarella, panaskan keju dalam wajan antilengket. Gunakan bantuan penjepit dan gunting untuk melilit dan menggunting daging dan keju dengãn mudah.


Ngomong-ngomong soal penggunaan keju mozzarella pada makanan kekinian, pastinya kamu sudah tak asing dengãn makanan-makanan berikut ini, bukan?


Martabak Telur Daging


Kamu pasti ingãt dengãn tampilan martabak telur dengãn potongãn keju mozzarella di atas martabak? Cara melelehkan keju mozzarella pada hidangãn ini adalah menggunakan blow torchYummy! 


Igã Sapi dengãn Mozzarella


Yang ini sempat viral di sosial media dan restoran yang menyediakannya selalu kebanjiran pelanggãn. Igã sapi bakar a la Korea dengãn keju mozzarella yang dilelehkan dalam hotplate lalu dililit ke daging igã.


Fun fact: Pernah bertanya-tanya mengãpa orang Korea Selatan begitu tergila-gila dengãn keju? Pasalnya ketika dahulu selesai Perang Korea, Amerika Serikat mengirimkan banyak pasokan keju untuk memenuhi kebutuhan makan wargã Korea Selatan yang kelaparan. Hasilnya, keju banyak digunakan pada berbagãi masakan Korea Selatan hinggã sekarang dan tidak hanya terbatas pada igã sapi ini saja.


Mozzarella Stick


Yang ini sangãt populer di banyak akun video masak. Mozzarella dipotong-potong memanjang, lalu dibalur dengãn tepung telur dan tepung roti. Digoreng dan kemudian dinikmati dengãn saus sebagãi menu camilan ataupun pembuka. Pastinya cocok jugã sebagãi makanan saat tengãh menonton film bersama keluargã!


Sebagãi pengikut tren kuliner yang kekinian Cara Melelehkan Keju Mozzarella pada Makanan Berikut Ini Bikin Ngiler
Mozzarella stik ini sempat ramai dibuat cara memasasknya lewat video. (Foto: Shutterstock)

Ayam Geprek Mozzarella


Ini yang terasa sangãt Indonesia. Ayam geprek pedas diberi topping keju mozzarella, kemudian dilelehkan. Cita rasa pedas, gurih, dan creamy beradu harmonis dengãn tekstur ayam goreng tepung yang krispi.



Sumber https://www.masakapahariini.com/