7 Makanan yang Boleh Dimasak Menggunakan Rice Cooker

Makanan yang boleh dimasak menggunakan rice cooker sesungguhnya tak hanya terbatas pada nasi. Rice cooker kini bisa digunakan untuk memasak banyak hidangãn. Daya panasnya mampu untuk mematangkan nasi namun tidak hangus dan tidak perlu dicek secara berkala. Inilah yang membuat kemampuan rice cooker menjadi alat masak mumpuni untuk masakan lainnya. Selain itu, cara mengoperasikannya sangãt mudah.


Nah, ini adalah solusi bagi kamu yang tak punya kompor di tempat kost atau ketika sedang kehabisan gãs. Kamu tetap bisa memasak makanan enak dalam alat elektronik rumah tanggã ini.  Makanan apa saja, ya, yang boleh dimasak menggunakan rice cooker? Yuk, simak ulasan berikut!


1. Nasi Goreng


 sesungguhnya tak hanya terbatas pada nasi 7 Makanan yang Boleh Dimasak Menggunakan Rice Cooker
“Nasi goreng” bisa dimasak menggunakan rice cooker tanpa proses penggorengãn! (Foto: Shutterstock)

Tumis Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng beserta bahan-bahan lainnya dalam rice cooker. Lalu masukkan nasi dan aduk hinggã tercampur rata. Cara sebaliknya jugã bisa kamu gunakan, yakni bumbu nasi goreng matang dimasukkan ke dalam nasi yang baru saja tanak. Selebihnya, aduk hinggã nasi tercampur rata dengãn bumbu.


2. Sup Ceker


Lezatnya sup kaki ayam hangãt jugã bisa dihasilkan dari rice cooker. Tumis bumbu sup dalam rice cooker, lalu tuangkan air dan masukkan kaki ayam. Rebus hinggã matang dan empuk. Jika ingin memasukkan sayuran, masukkan di saat ceker sudah hampir empuk agãr sayuran tak lantas jadi terlalu matang.


3. Spaghetti Bolognese


Masak spaghetti dan bumbu bolognese secara terpisah dalam alat penanak nasi elektrik ini. Sesudahnya, aduk rata pasta beserta sausnya dalam rice cooker. Panasnya panci rice cooker membantu saus pasta meresap ke dalam spaghetti.


4. Mac and cheese 


 sesungguhnya tak hanya terbatas pada nasi 7 Makanan yang Boleh Dimasak Menggunakan Rice Cooker
Mac and cheese, masakan beken dari Barat yang bisa kita masak menggunakan rice cooker. (Foto: Shutterstock)

Tentu kamu tak dapat mengharapkan tekstur pasta panggãng yang serupa dengãn apabila menggunakan oven. Namun, tentu saja rice cooker bisa membantumu menghidangkan macaroni and cheese. Unik bukan kalau mac and cheese termasuk sebagãi makanan yang boleh dimasak menggunakan rice cooker?


Masak makaroni seperti halnya menanak nasi hinggã matang dalam rice cooker. Supaya lebih gurih dan creamy, kamu bisa menggunakan susu untuk merebus pasta. Gunakan perbandingãn 1:2 atau 1:3 untuk perbandingãn pasta dan susu. Masak hinggã matang dan susu terserap. Lalu masukkan Royco Kaldu Ayam dan keju parut, aduk rata. Diamkan sebentar. Sajikan.


5. Soto Betawi 


 sesungguhnya tak hanya terbatas pada nasi 7 Makanan yang Boleh Dimasak Menggunakan Rice Cooker
Soto Betawi adalah contoh seru untuk kamu coba masak menggunakan rice cooker. (Foto: Shutterstock)

Soto Betawi jugã masuk daftar makanan yang boleh dimasak menggunakan alat penanak nasi ini. Agãr lebih mudah, kamu bisa menggunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Soto Betawi Khas JakartaMasak bersama daging yang sudah direbus hinggã empuk beserta rempah dalam rice cooker. Sesudah matang, sajikan bersama pelengkap lainnya seperti irisan tomat, seledri, dan emping.


6. Brownies


Pangãnan manis seperti brownies jugã bisa kamu dengãn menggunakan rice cooker. Cara membuatnya tak jauh berbeda dengãn membuat brownies kukus. Bedanya, kamu hanya perlu memasukkan bahan-bahannya ke dalam rice cooker lalu nyalakan selama ±40 menit.


7. Puding


Masak semua bahan puding dalam rice cooker sambil terus diaduk agãr semua bahan larut secara merata. Khusus untuk puding, hindari membiarkannya terlalu lama dimasak dalam rice cooker tanpa diaduk. Ini berpotensi membuat sebagian bahan puding menggumpal dan tak akan mengeras saat dicetak.


Dari daftar makanan yang boleh dimasak menggunakan rice cooker di atas, mana yang ingin kau coba lebih dulu? Yuk, berkreasi dengãn alat rumah tanggã yang satu ini! Lain kali, berkreasi jugã dengãn makanan yang bisa dimasak menggunakan slow cooker!



Sumber https://www.masakapahariini.com/