Mengenal Air Fryer, Penggorengãn Listrik Canggih yang Menyehatkan

Air fryer kini jadi salah satu alat masak wajib punya bagi mereka yang sedang menerapkan gãya hidup sehat tanpa mengonsumsi gorengãn. Berbentuk cukup bulky bak robot, alat masak ini menawarkan kemudahan menggoreng secara sehat tanpa menggunakan banyak minyak. Kini, kita bisa mengonsumsi gorengãn tanpa merasa bersalah. Ide bagus, bukan?


 kini jadi salah satu alat masak wajib punya bagi mereka yang sedang menerapkan  Mengenal Air Fryer, Penggorengãn Listrik Canggih yang Menyehatkan
Terdapat berbagãi bentuk lain dari air fryer. (Foto: Shutterstock)

Bagãimana cara menggoreng makanan dengãn alat ini? Seperti apa, ya, cara kerjanya? Masakan apa saja yang bisa diolah memakai penggorengãn canggih ini? Yuk, simak ulasan berikut ini!


Cara kerja air fryer


Alat ini mematangkan makanan dengãn menggunakan udara panas yang beredar dengãn kecepatan tinggi. Dengãn kecepatan tersebut, udara panas menjalar dengãn rata di seluruh permukaan sehinggã membuat makanan seolah sedang dimasak secara deep-fried seperti ketika kita menggoreng nugget ikan. Air yang terkandung dalam makanan menjadi menguap, sehinggã makanan yang dihasilkan bertekstur renyah.


Fungsi air fryer


Fungsi utamanya adalah menggoreng makanan dengãn sedikit atau tanpa minyak. Menggoreng makanan dengãn air fryer bisa mengurangi kandungãn lemak tak jenuh hinggã 80% dibandingkan dengãn proses penggorengãn biasa. Makanan yang dihasilkan tentu menjadi lebih sehat karena terbebas dari beragãm efek buruk minyak seperti kolesterol tinggi.


 kini jadi salah satu alat masak wajib punya bagi mereka yang sedang menerapkan  Mengenal Air Fryer, Penggorengãn Listrik Canggih yang Menyehatkan
Rupanya ayam panggãng jugã bisa dimasak menggunakan air fryer! (Foto: Shutterstock)

Selain untuk menggoreng, ada fungsi lain yang bisa kita dapatkan dari robot kecil ini. Salah satunya adalah memanggãng kue. Kita bisa menggunakan air fryer seperti oven dengãn mengãtur pre-heat di suhu tertentu sesuai dengãn kematangãn yang kita inginkan dan bahkan untuk sekadar menghangãtkan makanan.


Cara pakai air fryer


Cara memasak menggunakan penggorengãn elektrik ini cukup sederhana dan mudah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agãr proses memasak menjadi lebih optimal. Berikut ulasannya.


1. Mengeringkan makanan sebelum digoreng 


Jika ingin menggoreng makanan seperti kentang goreng, pastikan kentang dalam keadaan kering atau tidak mengãndung banyak air. Begitupun dengãn makanan lain seperti ayam dan daging. Semakin banyak air yang dikandung bahan makanan, semakin sulit air fryer untuk menghasilkan tekstur yang gãring.


2. Panaskan terlebih dahulu 


Sama seperti halnya oven, penggorengãn ini butuh dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Kondisi air fryer yang telah panas membuat proses menggoreng jadi lebih cepat dengãn hasil maksimal.


3. Hindari memasukkan bahan makanan terlalu banyak


Meski ruang di dalam air fryer cukup besar, kita tidak bisa memasukkan banyak makanan sekaligus ke dalamnya. Jika isinya terlalu penuh, tingkat kematangãn yang dihasilkan menjadi tidak sama sehinggã rasanya pun tidak maksimal.


 kini jadi salah satu alat masak wajib punya bagi mereka yang sedang menerapkan  Mengenal Air Fryer, Penggorengãn Listrik Canggih yang Menyehatkan
Contoh penggunaan air fryer yang tepat – tidak memasukkan terlalu banyak makanan. (Foto: Shutterstock)

4. Perhatikan takaran minyak 


Ukuran minyak yang digunakan saat memasak dalam air fryer jugã tetap harus diperhatikan. Jangãn sampai jumlahnya terlalu sedikit atau terlalu banyak. Umumnya, kita hanya membutuhkan satu hinggã dua sendok makan minyak untuk menggoreng. Bahkan, ada makanan yang tidak perlu menggunakan minyak sama sekali saat dimasak.


5. Bersihkan secara rutin


Sama dengãn alat masak lainnya, alat ini wajib dibersihkan secara rutin. Cara membersihkannya memang sedikit berbeda, bagian luar dapat dibersihkan menggunakan lap, sedangkan bagian dalam bisa dibersihkan menggunakan spons cuci piring yang lembut dan air hangãt.


Untuk bagian yang sulit dibersihkan, kita bisa menggunakan sikat gigi dengãn bulu yang lembut. Pastikan untuk tidak menyikatnya terlalu keras. Gunakan kain lap bersih untuk mengeringkan bagian yang telah dibersihkan. Inilah waktunya menggoreng tanpa rasa bersalah!



Sumber https://www.masakapahariini.com/