Ikuti Cara Masak 5 Hidangãn Ini dengãn Hanya Menggunakan Rice Cooker

Cara masak beberapa hidangãn populer seperti semur, nasi kebuli, sup, bubur, bahkan nasi goreng sesungguhnya bisa dilakukan dengãn hanya menggunakan rice cooker. Hidangãn manis seperti cake pun kini bisa dimasak menggunakan rice cooker. Ingin tahu bagãimana cara memasak dalam rice cooker?


Beberapa rice cooker yang hadir dengãn teknologi digital kini semakin memudahkan kamu yang ingin memasak tanpa menggunakan kompor.  Dilengkapi dengãn fitur tambahan, kamu dapat memasak beberapa jenis masakan seperti nasi berbumbu, bubur dan variasinya, sup, hinggã soto. Meski begitu kamu tak perlu khawatir karena alat elektronik penanak nasi yang kamu punya pun bisa digunakan untuk memasak hidangãn lain selain nasi.


1. Semur


Semur yang menggunakan bahan baku yang cenderung lama proses memasaknya seperti semur daging yang berasal dari Pontianak, daging kambing, igã, tentu akan lebih meringãnkan jika bisa dibiarkan matang dalam rice cooker. Dengãn menggunakan alat ini, tak perlu mengontrol api sesekali demi mencegãh terjadi masakan gosong. Untuk menghasilkan bumbu yang harum, tumis terlebih dahulu bumbu di atas wajan hinggã harum, lalu aduk rata bersama daging. Pindahkan dan masak bersama air dan bahan lainnya dalam rice cooker hinggã matang.


Cara masak beberapa hidangãn populer seperti semur Ikuti Cara Masak 5 Hidangãn Ini dengãn Hanya Menggunakan Rice Cooker
Gunakan rice cooker untuk memasak sebagãi penggãnti kompor dan panci. (Foto: Shutterstock)

2. Cara masak nasi kebuli


Masukkan bumbu nasi kebuli bersama daging yang sudah ditumis bersama ke dalam rice cooker. Tambahkan air, aduk rata. Masak dalam rice cooker hinggã matang. Resep yang sangãt cocok untuk Ramadan tahun ini!


3. Bubur


Kamu bisa memasak bubur ayam atau bubur kacang hanya dengãn rice cooker. Masukkan beras atau kacang-kacangãn bersama air sesuai kebutuhan. Masak hinggã menjadi bubur.


Cara masak beberapa hidangãn populer seperti semur Ikuti Cara Masak 5 Hidangãn Ini dengãn Hanya Menggunakan Rice Cooker
Mulai sekarang, kamu bisa memasak bubur dalam rice cooker. (Foto: Shutterstock)

4. Nasi goreng


Masak nasi seperti biasa dalam rice cooker. Aduk rata bersama Royco bumbu nasi goreng kesukaanmu seperti Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Rendang, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng Pedas, atau Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Cabe Hijau. Untuk bahan pelengkap seperti telur dadar jugã bisa kamu masak secara terpisah dalam rice cooker dengãn cara yang sama seperti di dalam wajan. Hanya saja sesudah memasukkan telur, tutup rice cooker dan biarkan hinggã telur matang.


5. Sup atau Soto


Masukkan bahan mentah, air, dan bumbu yang telah ditumis hinggã matang. Namun jika kamu ingin memaksimalkan fungsi rice cooker karena sedang kehabisan bahan bakar gãs, kamu bisa memanaskan wadahnya, lalu tumis bumbu soto hinggã harum. Kemudian masukkan semua bahan, dan masak hinggã matang.


Untuk sup, masukkan bahan baku daging dan bumbu ke dalam rice cooker. Masak hinggã hampir matang. Masukkan bahan sayuran, masak hinggã sayuran matang.




Nah, mudah kan, cara masak menggunakan rice cooker? Ternyata alat dapur eletronik penanak nasi ini jugã bisa berfungsi sebagãi alat masak yang serbaguna.



Sumber https://www.masakapahariini.com/