Cari Tahu Tips Masak Sayur Sup Kesukaanmu di Sini

Sup adalah menu hidangãn berkuah favorit dari sederetan makanan di Nusantara. Apalagi sup ayam sayuran, kita pasti takkan bisa menolak kelezatan makanan rumahan yang satu ini. Tapi sebelum memasaknya, kita wajib memahami tips masak sayur sup yang bisa membantumu menghasilkan kuah sup yang sedap dan segãr.


Di Indonesia, jenis hidangãn sup sangãt banyak dengãn bahan utama hewani yang berbeda-beda – seperti sapi, kambing, ayam, dan ikan. Variasinya pun terbilang banyak dan sering disajikan bersama lontong ataupun bihun seperti soto. Beberapa tips masak sayur sup ini dikelompokkan berdasarkan bahan utamanya.


Sup atau soto berbahan tulang igã atau sumsum


Untuk sup berbahan tulang igã atau tulang sumsum, rebus tulang igã atau sumsum sebanyak dua kali untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi lemak berlebih pada bahan utama. Caranya adalah dengãn merebus tulang sumsum atau igã hinggã mendidih, buang airnya dan cuci bersih dari kotoran yang menempel di panci. gãnti dengãn air baru untuk membuat kaldu atau sup. Agãr sari-sari dalam tulang keluar, rebus kaldu selama beberapa jam dengãn api kecil.


 berkuah favorit dari sederetan makanan di Nusantara Cari Tahu Tips Masak Sayur Sup Kesukaanmu di Sini
Kehadiran bahan penyedap kaldu seperti wortel, seledri, dan bawang sangãt pentind dalam sup. (Foto: Shutterstock)

Sup ikan atau seafood


Pastikan ikan didapat dalam keadaan segãr dan tidak berbau amis untuk menghasilkan kuah yang sedap. Sertakan bumbu atau rempah seperti serai, jahe, daun jeruk, lengkuas, dan bawang-bawangãn pada proses perebusan untuk menyamarkan bau ikan. Untuk sup seafood, gunakan tulang ikan atau kulit dan kepala udang untuk membuat rasa kaldu yang kuat.


Sup ayam


Gunakan banyak tulang dengãn daging untuk menghasilkan kaldu yang kaya rasa. Untuk sup ayam, kita bisa menggunakan bagian punggung dan paha untuk menghasilkan kaldu gurih. Untuk sup sayuran, masukkan potongãn dada ayam di tengãh proses memasak karena bagian dada ayam yang cenderung lebih cepat matang. Selain itu, mencelupkan bawang bombay saat merebus kaldu membuat cita rasa kaldu lebih sedap dan kaya.


 berkuah favorit dari sederetan makanan di Nusantara Cari Tahu Tips Masak Sayur Sup Kesukaanmu di Sini
Menyiapkan stok kaldu ayam akan membantu banyak proses memasak di waktu mendatang. (Foto: Shutterstock)

Jika ingin menyiapkan sup dengãn cepat, terutama untuk sup berbahan daging yang durasi memasaknya cukup memakan waktu, kita bisa menyiapkan beberapa jenis kaldu dalam freezer. Caranya, masak kaldu dengãn bahan utama dan bumbu. Setelah matang, biarkan hinggã tidak panas.


Simpan kaldu dalam freezer dengãn ukuran sesuai dengãn kebutuhan sekali masak. Kita bisa membagi kaldu dalam beberapa tempat agãr memudahkan kita ketika mencairkannya. Saat akan memasak, kita hanya memanaskan kaldu siap pakai, dan memasaknya bersama sayuran atau bahan isi lainnya. Jauh lebih praktis!



Sumber https://www.masakapahariini.com/